Kamus Arab Indonesia (Mahmud Yunus wa Dzurriyyah)

Kamus Arab Indonesia (Mahmud Yunus wa Dzurriyyah)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 80.000,00
Rp 64.000
You save: IDR 16.000,00! (20.00%)

Product Description

Kamus Arab Indonesia

Prof. Dr. H. Mahmud Yunus, Penerbit Mahmud Yunus wa Dzurriyyah

Ada berapa banyak kamus yang telah Anda jumpai? Ada kamus Al-Munawwir, kamus Al-Azhar, kamus Hiwari, dan lain sebagainya. Dan kali ini kita akan sedikit ngebahas kamus Legend Mahmud Yunus yang mana para thullab di seluruh nusantara tidak asing lagi dengan namanya. Penulis pernah bercerita tentang asal muasal diterbitkannya kamus ini. Saat itu pada tahun 1929 M, beliau sempat mengenyam pendidikan di Mesir (Kairo). Selama di sana beliau telah mengeluarkan karya berjudul Qomus Shahabi-Arab-Melayu dan nyatanya laris manis di pasaran. Setibanya di Indonesia, setelah Indonesia merdeka, banyak permintaan dari tokoh-tokoh pesantren yang meminta untuk menerbitkan ulang karya tulis beliau tersebut. Setelah ditinjau kembali, Qadarullah, penulis merasa keberatan dengan adanya kekurangan di sana-sini. Lalu, penulis mengeluarkan karya tulis yang lain yakni kamus ini, dalam rangka memenuhi hajat hidup orang banyak, khususnya bagi mereka yang ingin mendalami bahasa Arab. Sekalipun mereka belum pandai ilmu sharaf. 

Masih mengutip perkataan beliau, “Dalam kamus ini … selain berisi kata-kata Arab baru, diterangkan pula tafsir-tafsir sulit yang tidak dapat diketahui dengan qaidah-qaidah (wazan-wazan) ilmu sharaf. Melainkan harus dihafal dan didengar dari orang Arab asli. Itulah yang dinamai kata-kata Sama’i. Dengan demikian, pelajar-pelajar dapat mempelajari kata-kata Sama’i itu dalam kamus ini.”

Tidak berlebihan, sekiranya kami kutipkan perkataan Khalifah Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu sebagai pelecut yang bermanfaat, “Pelajarilah bahasa Arab, maka sesungguhnya bahasa Arab itu termasuk bagian dari agama kalian.”

Dan ucapan Imam Asy-Syafi’i rahimahullah yang populer dalam bab ini, “Wajib atas setiap muslim untuk mempelajari bahasa Arab sekuat tenaga.”

Juga, seorang pakar tafsir kenamaan; Imam Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan, “Karena bahasa Arab merupakan bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas (kosa katanya), dan paling banyak mengandung makna yang menentramkan jiwa.”

Terakhir, mari kita pungkasi review kamus ini dengan kutipan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala, 

إِنَّا أَنزلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” (Surat Yusuf: 2)

Judul Buku : Kamus Arab Indonesia
Penulis : Prof. Dr. H. Mahmud Yunus
Penerbit : Mahmud Yunus wa Dzurriyyah
Format Buku : Hardcover
Dimensi Buku : tebal buku 510 halaman, ukuran kamus 14 x 21 cm, berat kamus packing +/- 700 gram