Buku Ensiklopedi Asmaul Husna (Pustaka Imam As Syafi’i)

Buku Ensiklopedi Asmaul Husna (Pustaka Imam As Syafi’i)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 150.000,00
Rp 120.000
You save: IDR 30.000,00! (20.00%)

Product Description

Ensiklopedi Asmaul Husna

Ensiklopedi Asmaul Husna-Pengaruh asma’ dan sifat-sifat Allah pada sisi peribadatan merupakan suatu keniscayaan. Sama seperti keniscayaan pengaruhnya pada penciptaan makhluk dan alam semesta. Sebelumnya telah dijelaskan tentang keniscayaan pengaruh asma’ Allah pada penciptaan manusia dan alam semesta.

Di dalam bab ini (43-50) akan dipaparkan keniscayaan pengaruh asma'ul husna pada sisi peribadatan. Seperti, sikap penuh harap, rendah hati, khusyu', kembali kepada-Nya (taubat), rasa takut, cemas, cinta, tawakal hanya kepada Allah dan sifat lainnya saat  melaksanakan ibadah, baik lahir maupun batin.  setiap asma’ dan sifat-Nya memiliki sisi ibadah yang khusus, yang merupakan bagian dari keniscayaan asma’ul husna itu, juga bagian dari konsekuensi pengetahuan tentangnya serta kepastian yang benar dalam mengenalinya. Dan ini mencakup seluruh jenis ibadah kepada Allah baik ibadah dengan hati maupun ibadah melalui anggota tubuh.

Hal ini dapat dijelaskan bahwa hamba yang mengetahaui bahwa hanya Rabbnyalah yang dapat menurunkan bencana, memberi manfaat, memberi anugrah, mencegah, menciptakan, membagi rezeki, menghidupkan dan mematikan, maka pengetahuannya ini akan menghasilkan pada dirinya sisi ibadah yang mengandung bentuk tawakal hanya kepada Allah secara batin, serta konsekuensi dan buah tawakal tersebut secara lahiriah. Allah berfirman,

وَتَوَكَّلْ عَلَى الْحَيِّ الَّذِي لَا يَمُوتُ وَسَبِّحْ بِحَمْدِهِ ۚ وَكَفَىٰ بِهِ بِذُنُوبِ عِبَادِهِ خَبِيرًا

“Dan bertawakkallah kepada Allah yang hidup (kekal) Yang tidak mati, dan bertasbihlah dengan memuji-Nya. Dan cukuplah Dia Maha Mengetahui dosa-dosa hamba-hamba-Nya.” (Surat al-Furqan: 58)

وَتَوَكَّلْ عَلَى الْعَزِيزِ الرَّحِيمِ

Dan bertawakkallah kepada (Allah) Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang,” (Surat asy-Syu’ara: 217)

رَبُّ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ فَاتَّخِذْهُ وَكِيلًا

“(Dialah) Tuhan masyrik dan maghrib, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, maka ambillah Dia sebagai pelindung.” (Surat al-Muzammil: 9)

وَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ وَكَفَىٰ بِاللَّهِ وَكِيلًا

“Dan tawakallah kepada Allah. Cukuplah Allah menjadi Pelindung.” (Surat an-Nisa’: 81)

Faidah Tentang Tawakal

وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ

“Dan Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (Surat ath-Thalaq; 3)

لَوْ أَنَّ النَّاسَ كُلَّهُمْ أَخَذُوْا بِهَا لَكَفَتْهُمْ

“Seandainya semua manusia mengambil nasehat ini, itu sudah akan mencukupi mereka.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, an-Nasa-i dalam al-Kubra. Dalam sanad hadits ini terdapat inqitha’ (terputus) sehingga hadits ini adalah hadits yang lemah (dha’if). Syaikh al-lbani dalam Dha’if al-Jami’ no. 6372 mengatakan bahwa hadits tersebut dha’if. Namun makna hadits ini shahih (benar) karena memiliki asal dari ayat al-Qur’an dan hadits shahih)

Ibnu Rajab menjelaskan, “Yaitu seandainya manusia betul-betul bertakwa dan bertawakkal, maka sungguh Allah akan mencukupi urusan dunia dan agama mereka.” (Jaami’ul ‘Ulum wal Hikam, hal. 516)

Buku cetak edisi hardcover, tebal buku 686 halaman, ukuran buku 15,5 x 23,5 cm, dan dengan berat 1200 gram.
Penulis: Syaikh Abdur Razaq bin Abdul Muhsin Al-Badr
Penerbit: Pustaka Imam Asy-Syafi'i