Buku Ushul Fikih Tingkat Dasar (Penerbit Ummul Qura)

Buku Ushul Fikih Tingkat Dasar (Penerbit Ummul Qura)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 98.000,00
Rp 78.400
You save: IDR 19.600,00! (20.00%)

Product Description

Buku Ushul Fikih Tingkat Dasar

Dr. Muhammad Sulaiman Al-Asyqar, Penerbit Ummul Qura

Buku ini adalah ringkasan Ushul Fikih yang penulis persembahkan kepada remaja muslim sebagai pengantar untuk mempermudah mempelajari Ushul Fikih. Penulis tidak bermaksud untuk membahasnya secara mendetail dalam buku ini, tapi hanya sebatas untuk memberitahukan istilah-istilah di bidang ilmu ini, dan juga gagasan-gagasan utamanya. Secara umum, penulis menggunakan metode jumhur ulama Ushul Fikih, dan sesekali membahas sejumlah materi Ushul Fikih dengan metode Hanafiyah yang menurut penulis benar dan kuat.

Di bagian akhir setiap materi, penulis cantumkan beberapa permasalahan sebagai bahan diskusi yang akan membantu (pembaca) untuk lebih memahami, memikirkan, dan merenungkan materi-materi yang disampaikan. Juga, tak lupa penulis cantumkan beberapa latihan bagi siswa untuk menerapkan kaidah-kaidah Ushul Fikih terhadap dalil-dalil hukum.

Buku yang hadir di hadapan pembaca ini adalah terjemahan dari kitab Al-Wadhih fi Ushul Al-Fiqih li Al-Mubtadi’in, karya dari Syaikh Dr. Muhammad Al-Asyqar, beliau adalah saudara kandung dari ulama besar Syaikh Sulaiman Al-Asyqar. Guru beliau banyak di antaranya Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz dan Syaikh Muhammad Al-Amin Asy-Syinqithi (Penulis Tafsir Adhwa’ul Bayan). Adapun karya tulis beliau sendiri sangat banyak, di antaranya Zubdah At-Tafsir min Fath Al-Qadir li Asy-Syaukani dalam bidang tafsir, Shahih Musnad Al-Imam Ahmad ‘Ala Syarh Al-Bukhari dalam bidang hadits, dan Al-Mujalla fi Fiqh Al-Hanbali dalam bidang fikih.

Ilmu Ushul Fikih adalah kumpulan kaidah-kaidah umum yang digunakan untuk menyimpulkan hukum-hukum syar’i-far’i dari dalil-dalil yang rinci. Kaidah-kaidah ushuliyah menjadi landasan furu’ syar’i. Karena hukum far’i memerlukan dalil untuk menetapkan hukum tersebut, sehingga hukum tidak berlaku tanpa danya dalil, maka kaidah ushuliyah lebih memerlukan dalil. Untuk itu, tidak boleh menetapkan kaidah ushuliyah tanpa dalil. Bahkan tidak sepatutnya ada kaidah ushuliyah yang berdasarkan hadits dhaif, seperti hadits hasan dan semacamnya. Alasannya adalah karena kaidah ushuliyah tersebut terdapat asas bagi kumpulan banyak hukum. Maka dari itu, kaidah ushuliyah harus kuat dan kokoh, agar hukum-hukum yang dibangun di atasnya stabil.

Dengan menelaah penjelasan ulama ushul, kita bisa menyimpulkan bahwa untuk menetapkan kaidah-kaidah ushuliyah, mereka menggunakan beberapa dalil yang beragam, yang secara keseluruhan merujuk kepada empat jenis dalil: nash-nash kitab Allah, nash-nash nabawi, bahasa Arab dan ilmu-ilmu bahasa, dan Akal.

Judul Buku : Ushul Fikih Tingkat Dasar
Penulis : Dr. Muhammad Sulaiman Al-Asyqar
Penerbit : Ummul Qura
Format Buku : Hard Cover
Dimensi Buku : Ukuran: 24,5 x 17,5 cm, Berat:-, Tebal: 376 halaman