Buku Tazkiyatun Nafs (Darus Sunnah)

Buku Tazkiyatun Nafs (Darus Sunnah)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 90.000,00
Rp 72.000
You save: IDR 18.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Tazkiyatun Nafs

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, Penerbit Darus Sunnah

Buku ini adalah suatu renungan dan pengingat akan keutamaan akhlak yang mulia dan terpuji yang wajib bagi setiap muslim untuk berpegang teguh padanya, hingga mereka menjadi orang yang dapat merealisasikan agama Allah dan konsisten terhadap syari’at-Nya, agar mereka mendapatkan kemenangan -insya Allah- dengan Surga-Nya yang penuh nikmat.

Di dalam buku ini, kami memuat apa yang ditulis oleh Imam Ibnu Taimiyyah mengenai akhlak yang terpuji, keutamaan, kedudukan dan pengaruhnya, serta urgensi senantiasa konsisten dan berpegang teguh padanya. Siapa yang tidak mengenal Penulis buku ini? Beliau adalah pahlawan, pemberi nasihat dan pembimbing, ia adalah dokter yang memberi obat sesuai penyakit, seorang dokter yang memberikan resep yang pas terhadap penyakit akut, memperingatkan akan bahaya suatu penyakit sebelum terjadinya, memberikan perhatian untuk menjaga diri dan berhati-hati sebelum terjerumus pada kehancuran dan kerusakan. 

Mengenal At-Tatsbit

Makna At-Tatsbit adalah keteguhan dan kekuatan, seperti firman Allah Azza wa Jalla

وَلَوْ أَنَّهُمْ فَعَلُوا مَا يُوعَظُونَ بِهِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ وَأَشَدَّ تَثْبِيتًا

“Dan sesungguhnya kalau mereka melaksanakan pelajaran yang diberikan kepada mereka, tentulah hal yang demikian itu lebih baik bagi mereka dan lebih menguatkan (iman mereka).” (Surat An-Nisaa’: 66), Dalam ayat yang lain disebutkan,

وَتَبَتَّلْ إِلَيْهِ تَبْتِيلًا

“Sebutlah nama Tuhanmu, dan beribadatlah kepada-Nya dengan penuh ketekunan.” (Surat Al-Muzammil: 8)

Tabattal (tekun) bermakna Tsabata (teguh), karena At-Tatsabbut adalah kekuatan dan keteguhan. Oleh karena itu, dalam bersedekah dibutuhkan kekuatan, keteguhan dan tanpa riya’, sebagaimana seorang yang pemberani dalam medan pertempuran.

Memahami Takwa

Banyak disebutkan dalam Al-Qur’an, ayat-ayat tentang taqwa, 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَآمِنُوا بِرَسُولِهِ يُؤْتِكُمْ كِفْلَيْنِ مِنْ رَحْمَتِهِ وَيَجْعَلْ لَكُمْ نُورًا تَمْشُونَ بِهِ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ۚ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

“Hai orang-orang yang beriman (kepada para Rasul), bertakwalah kepada Allah dan berimanlah kepada Rasul-Nya, niscaya Allah memberikan rahmat-Nya kepadamu dua bagian, dan menjadikan untukmu cahaya yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan dan Dia mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Surat Al-Hadid: 28)

Takwa adalah melakukan ketaatan kepada Allah berdasarkan nur (cahaya) dari Allah. Ia mengharap rahmat Allah, meninggalkan maksiat berdasarkan nur dari Allah, dan takut akan azab Allah. Dan wali Allah tidak mendekatkan diri kecuali dengan menunaikan hal-hal yang diwajibkan dan hal-hal yang sunnah. 

Judul Buku : Tazkiyatun Nafs
Penulis : Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah
Penerbit : Darus Sunnah
Format Buku : Hardcover
Dimensi Buku : tebal buku 429 halaman, ukuran buku 16 x 24.5 cm, berat buku packing +/- 1000 gram