Buku Tata Cara Wudhu dan Shalat Orang Sakit (Pustaka Imam Asy-Syafi’i)

Buku Tata Cara Wudhu dan Shalat Orang Sakit (Pustaka Imam Asy-Syafi’i)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 20.000,00
Rp 16.000
You save: IDR 4.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Tata Cara Wudhu dan Shalat Orang Sakit

Pustaka Imam Asy-Syafi’i

Pernahkah Anda sakit? Setiap insan ditakdirkan menjumpai sakit sebagai suatu ujian yang berlaku atasnya. Dan sebagai mukallaf, ada hal-hal yang tidak bisa ditinggalkan yakni shalat lima waktu. Bagaimanakah Islam merinci hal tersebut? Adakah rukhsah yang membersamai seorang yang tengah sakit dan pertanyaan-pertanyaan lain yang sekiranya dapat Anda tuntaskan jawabannya dalam risalah yang ringkas ini. Selain, memaparkan dua tema ini (cara wudhu dan cara shalat), tim penyusun memberikan tambahan yang bermanfaat bagi pembaca berupa; doa-doa, fatwa, hikmah dan nasihat dalam menghadapi sakit yang menimpa.

Perhatikanlah akhir ayat tentang bersuci ini, Allah Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَٰكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (WC) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur. (Surat Al-Ma’idah: 6)

Dan dalam sebuah hadits disebutkan, “Sesungguhnya besarnya pahala tergantung pada besarnya ujian. Dan sesungguhnya jika Allah menyukai suatu kaum, maka Dia akan menguji mereka. Barangsiapa yang ridha, maka baginya keridhaan, dan barangsiapa yang murka, maka baginya kemurkaan.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Seputar Fatwa yang Bermanfaat

Penyakit Beser: Cara bersuci dan shalat bagi orang yang berpenyakit beser adalah membersihkan kemaluannya terlebih dahulu lalu menutupinya dengan sesuatu, agar najis tidak mengenai pakaian dan badan, baru kemudian berwudhu dan shalat. Hal itu dia lakukan setiap kali hendak mengerjakan shalat setelah masuk waktunya.

Kentut Setiap Saat: Jika seseorang tidak bisa menahan kentut, artinya ngin dari duburnya keluar bukan atas keinginannya sehingga menjadi semacam penyakit, maka dalam hal ini dia disamakan dengan penderita beser. Apabila keluar angin ketika sedang mengerjakan shalat, maka shalatnya tidak batal.

Judul Buku : Tata Cara Wudhu dan Shalat Orang Sakit
Penulis : Tim Pustaka Imam Asy-Syafi’i
Penerbit : Pustaka Imam Asy-Syafi’i
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 120 halaman, ukuran buku 14,5 cm x 10 cm, berat 200 gram