Buku Ta’limul Muta’allim (Aqwam)

Buku Ta’limul Muta’allim (Aqwam)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 48.000,00
Rp 38.400
You save: IDR 9.600,00! (20.00%)

Product Description

Buku Ta’limul Muta’allim, Pentingnya Adab Sebelum Ilmu

Imam Az-Zarnuji, Penerbit Aqwam

Tak kenal maka tak sayang … mari kita berkenalan dengan penulisnya. Siapakah gerangan beliau ini? Beliau adalah Imam Al-Faqih Al-Alim Burhanuddin atau Burhanul Islam Az- Zarnuji (murid dari pengarang kitab Al-Hidayah), Ali bin Abu Bakar Al-Marghinani Al-Hanafi, pemilik karya-karya tulisan yang terkenal dalam fikih Hanafi. Beliau wafat pada tahun 593 H. Beliau adalah salah satu fuqaha dalam mazhab Hanafi yang hidup di bagian Timur Daulah Islamiyah di kawasan Wara’a An-Nahr (seberang Sungai) - Asia Tengah. Beliau hidup pada separuh akhir abad ke-6 hijriyah dab awal-awal abad ke-7 hijriyah.

Buku apa ini? Penulis mengatakan, “Ketika saya melihat banyak dari penuntut ilmu pada zaman kita bersungguh-sungguh, tetapi tidak sampai kepada ilmu, tidak dapat mengambil manfaat darinya, terhalang dari buahnya -yaitu mengamalkan dan menyebarkannya-, selain itu, mereka juga keliru dalam menempuh jalan (untuk mencari ilmu) dan meninggalkan syarat-syaratnya, dan siapa yang salah jalan maka akan tersesat, dan tidak akan meraih tujuan, baik sedikit maupun banyak, maka saya ingin menjelaskan kepada mereka cara menuntut ilmu seperti yang saya pahami dari buku-buku dan yang saya dengar dari guru-guru saya yang memiliki ilmu dan hikmah. “

Memilih Ilmu, Guru, dan Kesabaran dalam Belajar

Seyogyanya seorang penuntut ilmu memilih yang terbaik dari setiap ilmu. Selain itu, ia harus memilih ilmu yang ia butuhkan dalam urusan agamanya pada saat itu, kemudian ilmu yang ia butuhkan pada masa yang akan datang. Thalibul ilmi harus mendahulukan ilmu tauhid dan ma’rifah, dan mengenali Allah dan dalil-dalilnya. Sebab, keimanan seorang muqallid meskipun sah, menurut pendapat kami, tetapi ia berdosa ketika meninggalkan istidlal. Di samping itu, ia harus memilih ilmu yang terdahulu (al-atiq), bukan ilmu yang baru (al-muhdatsat). 

Memuliakan Ilmu dan Ahlinya

Penting diketahui bahwa seorang penuntut ilmu tidak akan memperoleh ilmu, dan tidak dapat mengambil manfaat dari ilmu itu, kecuali dengan memuliakan ilmu dan para ahlinya; juga memuliakan dan menghormati para ustadz. Dikatakan: Seseorang tidak akan sampai pada suatu tujuan kecuali dengan penghormatan; dan tidak akan terjatuh kecuali dengan meninggalkan penghormatan.

Judul Buku : Ta’limul Muta’allim
Penulis : Imam Az-Zarnuji
Penerbit : AQWAM
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 166 halaman, ukuran buku 14 x 20 cm, berat 200 gram