Buku Tafsir Ayat Ayat Ahkam 2 Jilid (Keira Publishing)

Buku Tafsir Ayat Ayat Ahkam 2 Jilid (Keira Publishing)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 290.000,00
Rp 232.000
You save: IDR 58.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Tafsir Ayat Ayat Ahkam (2 Jilid)

Syekh Muhammad Ali ash-Shabuni, Keira Publishing

Jika para ulama klasik telah berjasa dalam menafsirkan al-Qur’an, khususnya ayat-ayat hukum, maka para ulama yang datang setelah mereka, termasuk mereka yang berkecimpung dalam bidang kajian yang sama, juga turut melanjutkan jejak di jalan yang sama. Dengan langkah yang mereka tempuh, para ulama telah memanjakan para penuntut ilmu dengan menghindarkannya dari berbagai kesulitan. Yaitu upaya yang dilakukan oleh para ulama modern yang mencurahkan waktu mereka untuk melakukan penelitian secara mendalam, memfokuskan diri dalam topik yang mereka teliti, mengungkapkan ide dan pemahaman baru sesuai ijtihad yang mereka capai hingga menampilkan hasil kerja keras mereka kepada khalayak. Kepada mereka, diucapkan banyak terima kasih dan semoga mereka mendapatkan pahala dari upaya yang mereka lakukan. Dalam kaitan ini pula, kami tak dapat menyebutkan mereka satu per satu, baik mereka yang tergolong ulama klasik ataupun para ulama modern, karena memang waktunya tidak disediakan untuk itu. Akan tetapi, yang paling penting di masa sekarang ini adalah adanya ruang untuk mempersembahkan dan menampilkan sebuah kitab yang di dalamnya sang penyusun mampu memadukan metode para mufasir klasik dan metode mufasir modern dalam satu kitab yang berjudul Rawai’u al-Bayan fi Tafsir Ayat al-Ahkam min al-Qur’an karya Muhammad Ali ash-Shabuni, Guru Besar Fakultas Syari’ah dan Studi Islam di Negeri Aman, Mekah. (Sebuah Kata Pengantar dari Syaikh Abdullah Abdul Ghani Khayyath)

Berkata Muhammad Ali ash-Shabuni, “Dalam kitab ini, kami memadukan antara metode lama dengan ciri kekuatan dan kepadatan materinya dengan mtode baru dengan ciri kemudahan dan kesimpelannya. Maksudnya, dalam kitab ini kami bermaksud menyajikan materi yang tersistemasi secara detail dan tetap mempertahankan ketajaman materi. Untuk itu, kami melakukan analisis terhadap ayat-ayat yang kami pilih dengan sepuluh kaidah analisis sebagai berikut: Pertama, analisis kata yang kami sajikan bersama pendapat para mufasir dan linguis. Kedua, makna global ayat yang kami sajikan secara ringkas. Ketiga, sebab turun ayat jika memang dalam ayat yang ditemukan ada sebab turunnya ayat. Keempat, korelasi ayat dengan ayat yang sebelum dan sesudahnya. Kelima, pembahasan ragam i’rab secara ringkas. Ketujuh, keindahan-keindahan tafsir yang mencakup 3 sisi: rahasia-rahasia, poin-poin yang bernilai balaghah (seni berbahasa) dan tinjauan ilmiah yang mendetail. Kedelapan, hukum syarat berikut dalil-dalil yang diungkapkan oleh para fuqaha serta tarjih terhadap dalil-dali tersebut. Kesembilan, intisari ayat secara ringkas. Dan kesepuluh, penutup yang di dalamnya berisikan hikmah tasyri’ (hikmah perundangan) dari ayat yang telah kami paparkan.”

Catatan-Catatan Penting

Selain menyajikan keindahan tafsir, penulis juga menyertakan bantahan terhadap tulisan-tulisan miring yang ditorehkan  oleh musuh-musuh Islam. Dalam kaitan ini, sedikit pun beliau tidak memberikan kesempatan apabila sosok Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dicela karena kasus poligami. Anda dapat membacanya dengan judul bab Menjawab Tuduhan Miring. Dan penyusun memberikan alasan dan hikmah mengapa Rasulullah berpoligami. Terdapat pula, bantahan bagi ulama yang membolehkan membuka wajah dan telapak tangan dalam bab Jilbab Kaum Muslimah (dalam hal ini memang terjadi perbedaan pendapat yang kuat-ed). Dan meluruskan pemahaman tentang Hukum Patung dan Gambar. Serta permasalahan-permasalahan kontemporer yang harus diungkap serta dijelaskan bagaimana syariat Islam menyikapinya.

Judul Buku : Tafsir Ayat-Ayat Ahkam 2 Jilid
Penulis : Syekh Muhammad Ali Ash-Shabuni
Penerbit : Keira Publishing
Format Buku : Hardcover
Dimensi Buku : tebal buku jilid 1 664 halaman, tebal buku jilid 2 694 halaman, ukuran buku 17 x 25 cm, berat buku 2300 gram