Buku Tadzkirotus Sami’ wal Mutakallim (Darul Haq)

Buku Tadzkirotus Sami’ wal Mutakallim (Darul Haq)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 40.000,00
Rp 32.000
You save: IDR 8.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Tadzkirotus Sami’ wal Mutakallim

Imam Badruddin Ibnu Jama’ah Al-Kinani Asy-Syafi’i, Penerbit Darul Haq

Buku ini berisi tentang kumpulan adab yang mulia dan kitab terbaik di masanya. Bahkan, hingga kini banyak dikaji di mana-mana. Ditulis oleh seorang ulama kenamaan dari mazhab Syafi’i. Beliau adalah Imam Ibnu Jama’ah Al-Kinani rahimahullah. Buku ini diberi penjelasan oleh Syaikh Muhammad bin Mahdi Al-Ajmi salah seorang ulama Kuwait. Buku ini berisi beberapa bagian. Pertama: Tentang Keutamaan Ilmu dan Ulama, Keutamaan Mengajarkan Ilmu dan Mempelajarinya. Kedua: Tentang Adab-Adab Ulama terhadap Dirinya, Ketika bersama Murid-Muridnya, dan Dalam Kajiannya. Ketiga: Tentang Adab-Adab Murid. Keempat, Adab Berinteraksi dengan Buku yang Merupakan Media Ilmu, Hal-Hal terkait Mengoreksinya, Membacanya dengan Benar, Membawanya, Meletakkannya, Membelinya, Meminjamnya, Menyalinnya, dan Lainnya. Kelima: Tentang Adab Tinggal di Asrama Madrasah bagi Ulama dan Penuntut Ilmu, Karena biasanya Ia adalah Tempat Tinggal Mereka. Kemudian terdapat tambahan pelajaran. Pertama: Penulisan Hadits dan Cara Membacanya, Adab Rawi dan Penuntut Hadits dari Kitab  Al-Manhal Ar-Rawi karya Penulis; Ibnu Jama’ah. Kedua: Bait-Baits Syair Abu Al-Hasan Al-Jurjani. Masya Allah mantap sekali isinya. 

Pentingnya Ilmu Ini (Ilmu Tentang Adab)

Sesungguhnya di antara perkara paling penting yang patut bagi orang yang berakal -dengan memanfaatkan masa puncak kepemudaannya dan menempa dirinya- untuk mendapatkan dan meraihnya adakah adab yang luhur yang syariat dan akal mengakui keutamaannya, serta pendapat-pendapat dan ucapan-ucapan sepakat memuji pelakunya. Sesungguhnya manusia yang paling berhak atas sifat yang mulia ini dan paling patut merengkuh derajat yang luhur ini adalah ahli ilmu yang dengannya mereka menduduki puncak keluhuran dan kemuliaan, meraih tingkat kepeloporan kepada ilmu yang merupakan warisan peninggalan para Nabi, karena mereka mengetahui keluhuran akhlak Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan adab-adabnya, kebaikan sirah para imam yang suci dari kalangan keluarga beliau dan para sahabat beliau, apa yang dijalani oleh para imam ulama salaf dan diteladani dari kalangan khalaf. Imam Ibnu Sirin berkata, “Mereka belajar sikap / perangai  sebagaimana mempelajari ilmu.”

Sedangkan Imam Al-Hasan berkata, “Sungguh seorang laki-laki telah berhasil mendapatkan adab yang luhur sesudah dia belajar dan melatih diri selama bertahun-tahun.” Imam Sufyan bin Uyainah menambahkan, “Sesungguhnya Rasulullah adalah barometer terbesar, segala urusan diacukan kepada beliau; kepada akhlak, perangai dan petunjuk beliau, apa yang sesuai dengannya, maka ia adalah kebenaran dan apa yang menyelisihinya, maka ia adalah kebatilan.”

Judul Buku : Tadzkirotus Sami’ wal Mutakallim
Penulis : Imam Badruddin Ibnu Jama’ah Al-Kinani Asy-Syafi’i
Penerbit : Darul Haq
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 208 halaman, dimensi 21 x 14,5 cm, berat 400 gram