Buku Syarah Tuhfatul Athfal Pedoman Tajwid Untuk Pemula (Dar Syafii)

Buku Syarah Tuhfatul Athfal Pedoman Tajwid Untuk Pemula (Dar Syafii)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 20.000,00
Rp 16.000
You save: IDR 4.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Syarah Tuhfatul Athfal Pedoman Tajwid Untuk Pemula

Syaikh Sulaiman Al-Jamzury, penerbit Dar Syafii

Sudahkah Anda memperbagus bacaan Al-Qur’an saat membacanya? Salah satu hak Al-Qur’an adalah membacanya dengan suara yang indah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

زَيِّنُوا الْقُرْآنَ بِأَصْوَاتِكُمْ

“Hiasilah Al-Quran dengan suara kalian.” (HR. Ahmad dan An-Nasaa’i)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَتَغَنَّ بِالْقُرْآنِ

“Siapa yang tidak memperindah suaranya ketika membaca Al-Quran, maka ia bukan dari golongan kami.” (HR. Abu Dawud dan Ahmad)

Inilah buku tajwid panduan bagi pemula yang disusun dalam bentuk syair yang menawan. Jika di negara kita disebut puisi. Buku ini disyarah oleh Syaikh Abdul Majid Rayyasy dan diberi kata pengantar oleh Syaikh Abdul Karim Silmi Al-Jazairy, M.A. Siapakah yang menerjemahkannya? Tidak lain dan bukan, beliau adalah guru kita Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. ---Semoga Allah melimpahkan kebaikan kepada semuanya yang telah memberikan sumbangsih besar ini kepada Islam---

Seperti Apa Nadzamnya (Syairnya)?

Nadzam dalam teks Arab, dapat Anda temukan dalam lembaran-lembaran pertama, sebelum penulis memasuki syarah (penjelasannya). Di awali dengan mukadimah yang menawan: Bismillahirrahmanirrahim, (1) yaquulu raajii rahmatil ghafuuri, dauman Sulaimaanu huwal Jamzuuriy. (2) Alhamdulillahi mushalliyan ‘alaa, Muhammadin wa aalihi wa man talaa. (3) Wa ba’du hadzan nadzmu lilmuriidi, finnuuni wa tanwiini walmudud (artinya) (1) Berkatalah orang yang senantiasa mengharapkan rahmat dari Yang Maha Pengampun, yaitu Sulaiman Al-Jamzuri. (2) Segala puji bagi Allah dengan bershalawat atas, Muhammad beserta keluarga  dan orang yang mengikutinya. (3) Nazham ini ditujukan untuk orang yang menginginkan (pengetahuan) tentang Nun, Tanwin dan Mad-Mad. Dan seterusnya dari syair-syair yang indah.

Mengapa Buku Ini Perlu Disyarah?

Matan syairnya telah disyarah dan dijelaskan oleh ulama lainnya sehingga tidak dikhawatirkan terjadi kesalahpahaman terhadap maksudnya. Meskipun demikian, sangat disarankan bagi para penuntut ilmu tajwid ini agar mempelajarinya dan mempraktekkannya dengan guru atau hafizh yang benar-benar menekuni ilmu ini. Ini dikarenakan praktek penerapan ilmu ini lebih diutamakan daripada teorinya.

Menengok Sekilas

“Bagi Nun sukun dan Tanwin, terdapat empat hukum; maka ambillah penjelasanku.”

Syarah: Nun sukun adalah nun yang kosong dari harakat, dan tandanya adalah tetapnya kedua bibir ketika mengucapkannya. Ia tetap dalam pengucapan dan tulisan dalam keadaan washal (yakni ketika menyambung bacaan) atau waqaf (yakni ketika berhenti). Ia berada pada isim-isim, fi’il-fi’il, dan huruf; di tengah dan akhir kata. (hal.4-5)

Judul Buku : Syarah Tuhfatul Athfal Pedoman Tajwid Untuk Pemula
Penulis : Abu Ya la Kurnaedi, Lc.
Penerbit : Pustaka Imam Asy-Syafi’i
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 48 halaman, ukuran buku 18 cm x 25,5 cm, berat 250 gr