Buku Syarah Hadits Arba’in (Pustaka At-Tibyan)

Buku Syarah Hadits Arba’in (Pustaka At-Tibyan)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 32.000,00
Rp 25.600
You save: IDR 6.400,00! (20.00%)

Product Description

Buku Syarah Hadits Arba’in

Ibnu Daqiqil Ied, Pustaka At-Tibyan

Hadits Arba’in bisa jadi telah Anda hafal di luar kepala … untuk menambah faidah izinkanlah kami mempersembahkan kepada Anda satu bahasan ilmiah berupa penjelasan dari kitab Arba’in An-Nawawiyah. Buku ini ditulis oleh Imam Abu Zakariyya Yahya bin Sharaf An-Nawawi dan disyarah oleh  Imam Muhammad bin Ali bin Wahb, yang akrab dengan Ibnul Daqiqil Ied. Beliau adalah simbol ulama di zamannya, ahli fikih, ahli adab, ahli sastra, dan sejumlah keilmuan lainnya.

Sebagaimana Anda tahu, buku ini memuat pokok-pokok agama Islam yang penting. Seperti apa kontennya? Hadits pertama berbicara masalah niat, hadits kedua menegaskan apa itu Iman, Islam, dan Ihsan? Hadits ketiga membahas rukun Islam, hadits keempat membahas takdir, hadits kelima tentang bid’ah, hadits keenam membahas seputar halal-haram plus syubhat, hadits ketujuh tentang agama adalah nasihat, hadits kedelapan berupa penjelasan tentang perintah memerangi manusia yang tidak shalat dan tidak mengeluarkan zakat. Hadits kesembilan mengupas tentang melaksanakan perintah sesuai kemampuan, hadits kesepuluh tentang makanan halal, dan seterusnya dari tema-tema menarik lainnya.

Hadits ke-7: Dari Abu Ruqayyah Tamim bin Aus Ad-Daari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ قُلْنَا : لِمَنْ ؟ قَالَ للهِ وَلِكِتَابِهِ وَلِرَسُوْلِهِ وَلِأَئِمَّةِ المُسْلِمِيْنَ وَعَامَّتِهِمْ – رَوَاهُ مُسْلِمٌ

“Agama adalah nasihat.” Kami bertanya, “Untuk siapa?” Beliau menjawab, “Bagi Allah, bagi kitab-Nya, bagi rasul-Nya, bagi pemimpin-pemimpin kaum muslimin, serta bagi umat Islam umumnya.” (HR. Muslim)

Syarah hadits: Maksud nasihat adalah kata yang padat, maknanya adalah keinginan sejumlah kebaikan bagi yang dinasihati. Ini adalah kalimat yang penuh inti namun ringkas dan dalam bahasa Arab tidak ada kata lain yang sepadan dengan kata ‘nasihat’. Sebagaimana halnya telah disebutkan para ulama bahasa juga bahwa kata ‘al-falaah’ tidak memiliki padanan yang setara yang mencakup makna kebaikan di dunia dan di akhirat. Kalimat ‘agama adalah nasihat’ maksudnya adalah bahwa nasihat berfungsi sebagai tiang agama dan penopangnya. Nasihat hukumnya fardhu kifayah, apabila tujuan telah tercapai ditegakkan oleh sebagian, maka gugurlah kewajiban bagi selainnya. Nasihat diwajibkan sebatas kemampuan.

Judul Buku : Syarah Hadits Arbain
Penulis : Ibnu Daqiqil Ied
Penerbit : Pustaka At-Tibyan
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 196 halaman, ukuran buku 15 x 23.5 cm, berat buku packing +/- 450 gram