Buku Siap Dipinang (Rumaysho)

Buku Siap Dipinang (Rumaysho)

Beli Produk Ini

Rp 13.000

Product Description

Buku Siap Dipinang

Muhammad Abduh Tuasikal, Penerbit Rumaysho

Apakah Anda percaya bahwa menikah akan membuat seseorang lebih tenang? Apakah Anda percaya bahwa menikah akan membuka pintu-pintu rezeki bagi seseorang? Ketahuilah bahwa menikah termasuk menjalankan sunnah para Rasul, akan menjaga kemaluan dan lebih menundukkan pandangan dan yang terpenting yaitu menggenapkan separuh agama yang tersisa. Allah Ta’ala berfirman,

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلًا مِّن قَبْلِكَ وَجَعَلْنَا لَهُمْ أَزْوَٰجًا وَذُرِّيَّةً

“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka isteri-isteri dan keturunan.” (Surat Ar-Ra’du: 38)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ، مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ، فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ

“Wahai para pemuda, barangsiapa di antara kalian yang mampu untuk menikah, maka menikahlah. Karena menikah itu lebih dapat menahan pandangan dan lebih memelihara kemaluan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadits yang lain disebutkan,

إِذَا تَزَوَّجَ العَبْدُ فَقَدْ كَمَّلَ نَصْفَ الدِّيْنِ ، فَلْيَتَّقِ اللهَ فِي النِّصْفِ البَاقِي

“Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah pada Allah pada separuh yang lainnya.” (HR. Al-Baihaqi)

Buku yang mungil ini mengupas tuntas hal ihwal pernikahan, mulai dari keutamaannya, hukumnya, manakah yang lebih utama nikah muda atau nikah ala kadarnya (baca: terserah tanpa target dalam menentukan usia laik nikah), kiat-kiat untuk menikah, dan hal-hal lainnya yang penting untuk disimak bersama.

Hikmah Berpasang-pasangan

Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullah mengatakan dalam tafsirnya, “Ketahuilah bahwa setiap hewan dan manusia diciptakan berpasang-pasangan supaya manusia mau memikirkan nikmat yang telah Allah berikan kepadanya, yaitu memikirkan akan ketetapan ini. Hikmahnya adalah dengan berpasangan tersebut keberadaan makhluk tetap ada, karena akan tumbuh dan berkembang . Dari situlah diraih banyak manfaat.”

Hikmah lainnya disebutkan dalam Tafsir Al-Jalalain bahwa segala sesuatu diciptakan berpasang-pasangan seperti adanya laki-laki dan perempuan. Ada pula langit dan ada bumi. Ad matahari dan ada rembulan. Ada kemudahan dan ada kesulitan. Ada musim panas dan ada musim dingin. Ada manis dan ada masam. Ada cahaya dan ada kegelapan. Hikmahnya, supaya diketahui bahwa yang menciptakan yang berpasang-pasangan itu hanya Rabb yang satu, sehingga Dia-lah yang pantas diibadahi.

Inilah hikmah yang agung!

Judul Buku : (Saku) Siap Dipinang
Penulis : Muhammad Abduh Tuasikal
Penerbit : Rumaysho
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 100 halaman, ukuran buku 10 x 14.5 cm, berat buku packing +/- 150 gram