Buku Shorof Praktis “Metode Krapyak” (Menara Kudus)

Buku Shorof Praktis “Metode Krapyak” (Menara Kudus)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 36.000,00
Rp 28.800
You save: IDR 7.200,00! (20.00%)

Product Description

Buku Shorof Praktis “Metode Krapyak”

H. Muhtarom Busyro, S.Ag. M.SI, Penerbit Menara Kudus

Shorof yang diajarkan oleh KH. Ali Maksum pada dasarnya tidak berbeda dengan shorof pada umumnya. Perbedaannya hanya pada metode dan sistematika pengajaran yang menekankan pada fungsionalitas dan efektifitas muatan pelajaran shorof. Salah satu bentuknya adalah pada pola konjugasi kata bahasa Arab “Tasrif Kalimat” atau Tasrifan yang agak  berbeda dengan model Tasrifan lainnya. 

Pentasrifan fi’il dan isim dipisahkan. Ini merupakan salah satu cirinya yang menonjol. Begitu pula ada beberapa bentuk kata yang tidak dicantumkan dalam pentasrifan seperti: isim alat, masdar mim, fi’il nahi dan dhomir “fahuwa” dan “wadzaaka”. Hal ini diupayakan untuk membuat pola pentasrifan menjadi lebih sederhana, praktis dan sistematis sehingga lebih mempermudah para santri dalam mempelajari ilmu shorof dan bahasa Arab pada umumnya yang pada gilirannya akan lebih mengefektifkan masa belajar mereka dalam mengarungi dan mendalami ilmu-ilmu agama Islam.

Tasrifan Metode Krapyak ini sebenarnya sudah diujicobakan ketika beliau masih nyantri di Pondok Pesantren di daerah Pacitan. Dan sejak diselenggarakannnya pendidikan dengan sistem klasikal di pondok Krapyak, pengajaran ilmu Shorof dengan metode ini diterapkan hingga kini. Hanya saja yang menjadi persoalan kemudian adalah pola dan muatan pengajaran shorof tersebut belum secara komprehensif (jami’) dan tuntas dibukukan. 

Apa Itu Tasrif? Tasrif secara istilah ialah perubahan asal suatu kata kepada beberapa kata yang berbeda untuk mencapai arti yang dikehendaki yang hanya bisa tercapai dengan perubahan tersebut. Apa Saja yang dibahas? Yang dibahas ialah isim-isim yang “mutamakkin (yang dapat diubah-ubah)” dan fi’il-fi’il yang “mutashorrif (dapat ditasrif)” Apa Saja Manfaatnya? Untuk menjaga lisan agar jangan sampai salah ucap dalam tiap-tiap kata atau kalimat dan untuk menjaga peraturan-peraturan bahasa Arab di dalam tulisan. 

Ilmu Shorof merupakan ilmu tata bahasa Arab yang paling penting karena menjadi pedoman untuk mengetahui sighat atau bentuk kalimat, tasghirnya, nisabatnya, jamaknya (baik sama’iy, qiyasy, syadz), i’lalnya, idghamnya, ibdalnya, dan lain-lainnya ...

Apakah Anda bingung dengan sedikit uraian artikel di atas? Silahkan untuk mempelajarinya dengan guru terdekat Anda, sebab ada ilmu-ilmu yang sifatnya talaqqi (baca: belajar melalui guru, seperti belajar bahasa Arab dan belajar ilmu Tajwid). Yang setuju angkat Likenya ...

Judul Buku : Shorof Praktis Metode Krapyak
Penulis : H. Muhtarom Busyro, S.Ag. M.SI
Penerbit : Menara Kudus
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 299 halaman, ukuran buku, berat buku packing +/- 400 gram