Buku Sembilan Mutiara (Penerbit Rumaysho)

Buku Sembilan Mutiara (Penerbit Rumaysho)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 30.000,00
Rp 25.000
You save: IDR 5.000,00! (16.67%)

Product Description

Buku Sembilan Mutiara 

Muhammad Abduh Tuasikal, penerbit Rumaysho

Buku Sembilan Mutiara ini berasal dari faidah yang dibawakan oleh guru penulis yakni Syaikh Abdurrahman bin Nashir al-Barrak dalam at-Tajrid ash-Sharih, berisikan teks hadits, penjelasan ringkas, dan faedah yang terhampar luas. Maka pantaslah jika dikatakan, “Membacanya membuat hati semakin cinta kepada-Nya Azza wa Jalla, membuat hati semakin lembut kala merenungkan asma’ dan sifat-Nya, bahkan kadang bisa meneteskan air mata karena melihat begaimana Allah begitu menyayangi kita.”

Penulis mulai dengan Keutamaan Surat al-Ikhlas, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengutus seseorang kepada suatu pasukan. Lalu ia membaca surat dalam shalat pada para sahabatnya dan ia selalu tutup dengan surat “Qul huwallahu ahad.” Ketika mereka kembali, mereka menceritakan perihal orang tadi kepada Nabi. Beliau pun berkata, “Tanyakan kepadanya, kenapa ia melakukan seperti itu?” Mereka pun bertanya pada orang tadi, ia pun menjawab, “Karena di dalam surat al-Iklas terdapat sifat ar-Rahman (sifat Allah) dan aku suka membaca surat tersebut.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Katakan kepadanya, bahwa Allah mencintainya.” (HR. Bukhari)

Di antara faedahnya yang selayaknya Anda ketahui: Pertama, boleh membaca dua surat dalam satu rakaat karena dalam hadits ini diterangkan bahwa sahabat tersebut membaca surat lain lalu dia menutup dengan surat al-Ikhlas. Kedua, menetapkan sifat mahabbah bagi Allah.

Pada hadits keempat disebutkan, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia berkata,

لَمَّا خَلَقَ اللَّهُ الْخَلْقَ كَتَبَ فِى كِتَابِهِ – هُوَ يَكْتُبُ عَلَى نَفْسِهِ ، وَهْوَ وَضْعٌ عِنْدَهُ عَلَى الْعَرْشِ – إِنَّ رَحْمَتِى تَغْلِبُ غَضَبِى

“Tatkala Allah menciptakan makhluk-Nya, Dia menulis dalam kitab-Nya; kitab itu terletak di sisi-Nya di atas Arsy, “Sesungguhnya rahmat-Ku mengalahkan kemurkaan-Ku.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Setelah mengemukakan uraian haditsnya, penulis beralih kepada faidah yang tersaji, di antaranya; pertama, rahmat Allah mengalahkan murka-Nya, dibuktikan dengan nama Allah al-Afwu (Maha Pemaaf), al-Ghafur (Maha Pengampun), at-Tawwab (Maha Penerima Taubat); Allah sangat pemaaf, mengampuni dosa-dosa hamba-Nya, dan menerima taubat mereka. Kedua, hadits di atas menunjukkan kabar gembira bagi orang-orang yang berbuat dosa. Janganlah mereka berputus asa dari rahmat Allah.

Kemudian penulis akhiri dengan hadits Amalan Ringan di Lisan Namun Berat di Timbangan, Rasulullah bersabda, “Dua kalimat yang ringan di lisan, namun berat ditimbangan, dan disukai ar-Rahman yaitu “Subhanallah wa bi hamdih, subhanallahil ‘azhim (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Agung).” Tak lupa penerbit sertakan biografi penulis dan karya tulis-karya tulis yang pernah beliau susun.

Judul Buku : Sembilan Mutiara
Penulis : Muhammad Abduh Tuasikal
Penerbit : Rumaysho
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : Tebal buku 104 halaman, ukuran buku 15 cm x 21 cm, berat buku 300 gram