Buku Sejarah Nabi Muhammad (Pustaka At-Tibyan)

Buku Sejarah Nabi Muhammad (Pustaka At-Tibyan)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 95.000,00
Rp 76.000
You save: IDR 19.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Sejarah Nabi Muhammad

Ibnu Katsir, Pustaka At-Tibyan 

Al-Qur’an dan sirah (sejarah) terkait erat. Untuk itu, sirah mengandung sunnah fi’liyah, qauliyah, taqririyah, dan washfiyah yang menjelaskan kepada manusia apa yang diturunkan kepada mereka. Allah Ta’ala berfirman,

وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الذِّكْرَ لِتُبَيِّنَ لِلنَّاسِ مَا نُزِّلَ إِلَيْهِمْ وَلَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan Kami turunkan kepadamu Al-Qur’an, agar kamu menerangkan pada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka memikirkan.” (Surat An-Nahl: 44)

Banyak sekali ayat-ayat Al-Qur’an yang tidak mungkin dipahami setiap muslim dengan benar tanpa penjelasan realita dan peristiwa sirah. Sebagai contoh, sejumlah ayat surah Al-Anfal yang diturunkan untuk menggambarkan perang Badar Al-Kubra, di antaranya, “...Dan bukan kamu yang melempar ketika kamu melempar, tetapi Allah lah yang melempar.” (Surat Al-Anfal: 17)

Sebagian asbabun nuzul ayat-ayat Al-Qur’an adalah peristiwa-peristiwa sirah yang tidak bisa dikesampingkan oleh mufasir yang ingin menyimpulkan suatu hukum atau mengetahui salah satu tujuan Al-Qur’an. Contoh yang paling jelas adalah pernikahan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan Zainab yang tertuang dalam surat Al-Ahzab: 37.

Oleh karenanya, kaum muslimin sepanjang masa terpanggil untuk menjelaskan contoh manusia sempurna yang tercermin dalam kepribadian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam bentuk tingkah laku, pemberian, dan pemikiran meluap yang tiada pernah habis, terlebih di tengah zaman sekarang, zaman perang pemikiran berskala luas yang membutakan segala cara dan mencampuradukkan berbagai persoalan. Jika kita percaya bahwa kita perlu memikirkan kehidupan manusia yang lurus untuk memenuhi segala sebab-sebab kesejahteraan dan kehidupan bahagia, berarti keterkaitan kita dengan pemikiran ini menjadi sebuah keharusan, karena pemikiran ini bersifat rabbani, bersumber dari wahyu Allah, dan mengacu pada sirah NabiNya yang ma’shum.

Pengantar Mempelajari Sirah Nabawiyah

Imam Ibnu Katsir berkata, “Tidak patut bagi ahlul ilmi untuk tidak mengetahui hari-hari Nabawi. Sejarah Islam yang mengandung banyak sekali ilmu dan faidah-faidah penting yang tidak bisa diabaikan ahlul ilmi, dan tidak ada alasan untuk mengabaikannya. Saya bermaksud untuk memberikan peringatan terkait hal ini agar menjadi pengantar, contoh, dan bantuan bagi siapa pun yang ingin mengetahui sejarah tersebut. Kepada Allah jua saya bertumpu. KepadaNya saya berserah diri dan bersandar. Peringatan ini berisi nasab Rasulullah, sirah, tanda-tanda kenabian beliau, masa-masa Islam sepeninggal beliau hingga saat ini yang sangat diperlukan siapa pun yang ingin mengetahuinya, yang disampaikan secara ringkas, insya Allah.”

Judul Buku : Sejarah Nabi Muhammad
Penulis : Ibnu Katsir
Penerbit : Pustaka At-Tibyan
Format Buku : Hard Cover
Dimensi Buku : tebal buku 426 halaman, ukuran buku 16 cm x 24,5 cm, berat 800 Gram