Buku Saku Sehat dan Sunnah Menjalani Ramadhan (MuslimAfiyah Publishing)

Buku Saku Sehat dan Sunnah Menjalani Ramadhan (MuslimAfiyah Publishing)

Beli Produk Ini

Rp 9.000

Product Description

Buku Saku Sehat dan Sunnah Menjalani Ramadhan

dr. Raehanul Bahraen, Muslim Afiyah Publishing

Banyak buku tentang puasa di zaman ini yang kita ketemukan di pasaran dengan kurang dan lebihnya. Setidaknya saling melengkapi khazanah keilmuan yang ada. Buku ini diawali dengan menyambut Ramadhan sesuai sunnah, lalu berniat puasa untuk sehat, dan beberapa tips ringkas agar sehat dan fit saat menjalani puasa dan di akhiri dengan tanbih (peringatan) atas amalan-amalan yang menjadikan puasa seseorang menjadi sia-sia.

Allah Subhanahu wa Ta’ala seru kaum mukminin untuk berpuasa dalam firman-Nya,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan bagi kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan pada orang-orang sebelum kalian agar kalian menjadi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183).

Dengan sebab puasa, dosa seseorang akan diampuni. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni.”

Petikan Elok Seputar Makan Sahur. Makan sahur jelas memberikan  kekuatan kepada kita, terutama hari-hari pertama puasa. Di saat itu, tubuh mungkin belum biasa untuk tidak mendapatkan asupan makanan selama kurang lebih 14 jam. Makan sahur juga merupakan anjuran syariat karena terdapat berkah pada makan sahur. Untuk menu sahur, sebaiknya kita pilih makanan yang mengandung protein tinggi dan berserat. Perlu kita hindari juga makanan yang terlalu manis. (Selengkapnya pada hal.28)

Dalam sahur terdapat keberkahan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً

“Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.”

Tahukah Anda … Agar amalan puasa Anda tidak sia-sia? Penulis menyebutkan; pertama, niat puasa yang tidak ikhlas. Kedua, berkata-kata yang tidak baik dan berkata kotor. Ketiga, sering melakukan kemaksiatan dan tidak berusaha melawan dan menguranginya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَيْسَ الصِّيَامُ مِنَ الأَكْلِ وَالشَّرَبِ ، إِنَّمَا الصِّيَامُ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ ، فَإِنْ سَابَّكَ أَحَدٌ أَوْ جَهُلَ عَلَيْكَ فَلْتَقُلْ : إِنِّي صَائِمٌ ، إِنِّي صَائِمٌ

“Puasa bukanlah hanya menahan makan dan minum saja. Akan tetapi, puasa adalah dengan menahan diri dari perkataan laghwu dan rafats. Apabila ada seseorang yang mencelamu atau berbuat usil padamu, katakanlah padanya, “Aku sedang puasa, aku sedang puasa.”

Judul Buku : (Saku) Sehat Dan Sunnah Menjalani Ramadhan
Penulis : dr. Raehanul Bahraen
Penerbit : Muslimafiyah Publishing
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 64 halaman, ukuran buku saku 10.5 x 15 cm, berat buku packing +/- 150 gram