Buku Saku Penggalan Kisah Para Shahabiyat (Penerbit At-Tibyan)

Buku Saku Penggalan Kisah Para Shahabiyat (Penerbit At-Tibyan)

Beli Produk Ini

Rp 10.000

Product Description

Buku Saku Penggalan Kisah Para Shahabiyat (Shahabat Wanita)

Dr. Abdurrahman Ra’fat Basya, Periview: Mubasysyirah, Penerbit At-Tibyan

Berhentilah sejenak untuk mengenal pribadi-pribadi wanita mulia yang turut serta menyaksikan nubuwwah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Inilah tiga saksi sejarah yang namanya harum hingga ke langit. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wanita-wanita yang paling utama sebagai penduduk Surga adalah Khadijah binti Khuwailid, Fathimah binti Muhammad, Asiyah binti Muzahim (istri Fir’aun) dan Maryam binti ‘Imran.” (HR. Ahmad)

Dan pada ringkasan buku ini, kami perkenalkan tiga sosok wanita pilihan; Khadijah binti Khuwailid, Fathimah Az-Zahra, dan istri yang paling muda di antara istri-istri Rasulullah yang lain yakni Aisyah binti Abu Bakar radhiyallahu ‘anhuma. Betapa banyak keutamaan Khadijah radhiyallahu ‘anha, sejak ia belum berislam hingga Islam memeluknya. Anda bisa bernostalgi dalam halaman 11-40. Dan pada halaman 41 disebutkan perihal biografi Fathimah binti Muhammad.

Mengenal Fathimah Az-Zahra

Allah Subhanahu wa Ta’ala menghendaki kelahiran Fathimah kurang dari lima tahun sebelum Nabi diutus, dekat dengan peristiwa yang agung yaitu di saat orang-orang Quraisy rela menyerahkan hukum kepada Muhammad tentang perselisihan yang hebat di antara mereka untuk meletakkan Hajar Aswad setelah diadakan pembaharuan Ka’bah.

Fathimah tumbuh dalam rumah tangga nabawi yang penuh kasih sayang. Nabi melindungi, menjaganya, dan tekun mendidik beliau agar beliau mengambil bagian yang cukup dari adab, kasih sayang dan nasihat nabawi yang lurus. Hal yang menggembirakan ibunya adalah sifat Fathimah yang baik, lemah lembut, dan terpuji.

Dengan sifat-sifat itulah Fathimah tumbuh di atas kehormatan yang sempurna, jiwa yang berwibawa, cinta akan kebaikan dan akhlak baik yang diambil (mengambil teladan) dari ayahnya sendiri. Rasulullah sangat mencintai putrinya Fathimah dengan sabadanya, “Fatimah radhiyallahu ‘anha adalah bagian dariku. Barangsiapa membuatnya marah, maka dia juga telah membuatku marah.” (HR. Bukhari)

Di akhir pertemuan, Anda akan diajak untuk mengenal sosok ibunda yang penuh ilmu syar’i ialah Aisyah radhiyallahu ‘anha. Rasulullah banyak bersabda tentangnya, “Orang yang mulia dari kalangan laki-laki banyak, namun yang mulia dari kalangan wanita hanyalah Maryam binti Imran dan Asiyah istri Fir’aun, dan keutamaan Aisyah atas semua wanita seperti keutamaan tsarid atas segala makanan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Aisyah adalah orang yang paling dicintai Rasulullah dari kalangan wanita sebagaimana soal jawab tentangnya, “Siapa orang yang paling engkau cintai?” Beliau menjawab, “Aisyah.” Lalu ditanya lagi, “Kalau dari laki-laki?” Beliau menjawab, “Ayahnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Judul Buku : Saku Penggalan Kisah Para Shahabiyat (Shahabat Wanita)
Penulis : Dr. Abdurrahman Ra’fat Basya, Periview: Mubasysyirah
Penerbit : At-Tibyan
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : Ukuran: 14 x 10 cm, Berat: 100 gr, Tebal: 108 halaman