Buku Saku Mereka yang Merugi (Rumaysho)

Buku Saku Mereka yang Merugi (Rumaysho)

Beli Produk Ini

Rp 13.000

Product Description

Buku Saku Mereka yang Merugi

Muhammad Abduh Tuasikal, Penerbit Rumaysho

Waktu tidak akan pernah kembali, seiring perjalanan masa dan bertambahnya umur kita, apa yang telah kita siapkan untuk menyongsong akhirat? Buku ini mengantar Anda untuk sejenak berintrospeksi diri. Buku yang secara umum membahas tafsir Surat Al-Ashr ayat 1-3, yang diambil dari kitab-kitab tafsir mu’tabar dan buku ini terinspirasi dari kata pengantar dalam kitab Tsalatsatul Ushul yang melegenda di kalangan penuntut ilmu.

Allah Ta’ala berfirman,

وَٱلْعَصْرِ إِنَّ ٱلْإِنسَٰنَ لَفِى خُسْرٍ إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ وَتَوَاصَوْا۟ بِٱلْحَقِّ وَتَوَاصَوْا۟ بِٱلصَّبْرِ

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.”

Surah Al-Ashr menjelaskan mereka-mereka yang merugi kecuali empat orang; beriman, beramal shaleh, berdakwah, bersabar. Manusia termasuk merugi walaupun memiliki banyak harta dan keturunan kecuali yang memiliki empat sifat di atas. Tentu saja iman yang benar dan amal yang benar hanya didapati dengan berilmu terlebih dahulu. Berarti surah Al-Ashr tetap menjadi dalil harusnya berilmu, beramal, berdakwah, dan bersabar.

Kesimpulannya dari surah Al-Ashr adalah orang kafir itu benar-benar merugi. Dalam ayat disebutkan,

وَلَقَدْ أُوحِىَ إِلَيْكَ وَإِلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكَ لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ ٱلْخَٰسِرِينَ

““Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu. “Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi.” (Surat Az-Zumar: 65)

Orang yang meninggalkan amal juga benar-benar merugi. Dalam ayat disebutkan,

وَمَنْ خَفَّتْ مَوَٰزِينُهُۥ فَأُو۟لَٰٓئِكَ ٱلَّذِينَ خَسِرُوٓا۟ أَنفُسَهُمْ فِى جَهَنَّمَ خَٰلِدُونَ

“Dan barangsiapa yang ringan timbangannya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam neraka Jahannam.” (Surat Al-Mukminun: 103)

Enggan saling menasehati dalam kebaikan dan enggan mengingatkan kemungkaran juga termasuk dalam kerugian. Termasuk juga meninggalkan sabar terjatuh pula dalam kerugian. Termasuk juga meninggalkan sabar terjatuh pula dalam kerugian. Dalam ayat disebutkan, (artinya) “Dan di antara manusia ada orang yang menyembah Allah dengan berada di tepi; maka jika ia memperoleh kebajikan, tetaplah ia dalam keadaan itu, dan jika ia ditimpa oleh suatu bencana, berbaliklah ia ke belakang. Rugilah ia di dunia dan di akhirat. Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata.” (Surat Al-Hajj: 11)

Judul Buku : (Saku) Mereka yang Merugi
Penulis : Muhammad Abduh Tuasikal
Penerbit : Rumaysho
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 108 halaman, ukuran buku 10 x 14.5 cm, berat 140 gram