Buku Saku Manajemen Waktu Belajar Agama (Penerbit MuslimAfiyah Publishing)

Buku Saku Manajemen Waktu Belajar Agama (Penerbit MuslimAfiyah Publishing)

Beli Produk Ini

Rp 8.000

Product Description

Buku Saku Manajemen Waktu Belajar Agama

dr. Raehanul Bahraen, Penerbit MuslimAfiyah Publishing

Apakah Anda pekerja keras yang katanya “Super Sibuk” dan paling sulit untuk meluangkan waktu barang sejenak? Atau Andakah seorang mahasiswa dengan segunung aktifitas hingga lupa akan thalabul ilmi? Buku ini hadir untuk menjawab problematika tersebut. Sebenarnya tidak ada yang salah pada pola yang Anda jalankan, melainkan Anda butuh sedikit mengubah timing (alokasi waktunya); Kapan waktunya kerja, kapan waktunya refreshing, dan kapan waktunya belajar agama.

Penulis mulai buku ini dengan sebuah tanbih (self reminding) berupa kewajiban menuntut ilmu itu bagi setiap orang. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim.”  (HR. Ibnu Majah)

Lalu sedikit mengulik tentang kisah singkat dari para ulama yang dahulunya sama seperti Anda (dari sisi profesi; masih berstatus pelajar atau masih sebagai karyawan perusahaan). Siapa saja mereka? Apakah Anda mengenal Syaikh Muhammad Sa’id Ahmad Ruslan yang berprofesi sebagai dokter ahli bedah? Apakah Anda mengenal Syaikh Shalih Al-Munajjid yang dahulunya lulusan Bachelor Manajemen Industri? Mereka bisa meluangkan waktunya untuk belajar ilmu agama. Jangan sampai ayat berikut ini mengenai diri Anda. Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman,

يَعْلَمُونَ ظَاهِرًا مِنَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ عَنِ الْآَخِرَةِ هُمْ غَافِلُونَ

“Mereka hanya mengetahui yang lahir (saja) dari kehidupan dunia, sedangkan mereka lalai tentang (kehidupan) akhirat.” (Surat Ar-Ruum: 7)

Buku ini ditulis oleh seorang dosen di Fakultas Kedokteran Mataram. Apa yang menjadikan beliau faqih terhadap agama? Sebab semasa kuliah di Jogja, beliau menyempatkan diri untuk bergabung dengan Ma’had  Ilmi (yakni terobosan baru dalam dunia mengajar ala pesantren). Sudahkah Anda bergabung dengannya?

Penulis memberikan pesan terkait efektifitas waktu, “Manajemen waktu adalah salah satu rahasia sukses orang-orang hebat dan berhasil. Menjadi pertanyaan banyak orang, bagaimana cara mengatur waktu secara maksimal? Karena semua orang sangat ingin bisa mengatur waktunya, Penting juga diketahui perbedaan antara sibuk dan produktif, Bisa jadi ada orang yang sibuk dan terlihat tidak memiliki waktu luang akan tetapi belum tentu produktif. Artinya, terlihat sangat sibuk tetapi hasil yang didapatkan minimal atau bahkan tidak ada alias nihil.”

Dan mari kita sudahi review kali ini dengan petikan elok dari Imam Ibnul Qayyim rahimahullah, “Jika dirimu tidak disibukkan dengan hal-hal yang baik, pasti akan disibukkan dengan hal-hal yang batil.” (Al-Jawabul Kaafi, hal.156)

Judul Buku : Saku Manajemen Waktu Belajar Agama
Penulis : dr. Raehanul Bahraen
Penerbit : Muslimafiyah Publishing
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : ukuran buku saku 10.5 x 14.5 cm, tebal buku 58 halaman, berat buku 150 gram