Buku Saku Ikhlas (Pustaka Muslim)

Buku Saku Ikhlas (Pustaka Muslim)

Beli Produk Ini

Rp 11.000

Product Description

Buku Saku Ikhlas

Ustadz Abu Mushlih Ari Wahyudi, Pustaka Muslim

Masalah ikhlas adalah masalah yang amat penting dikaji karena ikhlas merupakan adab paling utama yang harus dimiliki oleh seorang penimba ilmu. Sebagaimana diungkapkan oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah di dalam kitab Al-ilmi, bahwa adab pertama yang harus dimiliki oleh seorang penuntut ilmu adalah mengikhlaskan niatnya untuk Allah Azza wa Jalla. Syaikh Ibnu Utsaimin berkata, “Kami menyebutkan ikhlas di awal adab penimba ilmu hanyalah karena sesunguhnya ikhlas ini adalah pondasi.”

Buku ringkas yang ada di hadapan pembaca ini berbicara seputar ikhlas. Anda akan diajak untuk mengarungi samudera ikhlas secara perlahan hingga Anda sampai di bibir pantai dengan selamat dan dapat mengambil ibrah yang mendalam. Ikhlas adalah amalan utama, banyak para ulama yang mengawali kitabnya dengan hadits-hadits tentang ikhlas untuk mengingatkan mereka sekaligus para pembacanya. Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad Al-Badr menyebutkan dalam Kutub wa Rasa’il juz 3 hal 86, ada beberapa ulama yang mengawalinya kitab disebutkan di antaranya Imam Nawawi dan Imam Bukhari.

Merenda Hakikat Ikhlas

Imam Munawi rahimahullah berkata, “Ikhlas adalah membersihkan hati dari berbagai kotoran yang merusak kejernihannya.” Sedangkan Imam Jurjani rahimahullah berkata, “Ikhlas yaitu kamu tidak ingin mencari saksi atas amalmu kepada selain Allah.”

Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman,

قُلْ إِنِّي أُمِرْتُ أَنْ أَعْبُدَ اللَّـهَ مُخْلِصًا لَّهُ الدِّينَ

“Katakanlah: “Sesungguhnya aku diperintahkan supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama.”(Surat Az-Zumar :11)

Ingatlah pertolongan Allah Ta’ala hadir bagi mereka yang ikhlas, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّمَا يَنْصُرُ اللهُ هَذِهِ الأُمَّةَ بِضَعِيْفِهَا بِدَعْوَتِهِمْ، وَصَلاَتِهِمْ، وَإِخْلاَصِهِمْ

“Sesungguhnya Allah menolong umat ini dengan sebab orang yang lemah dari mereka, yaitu dengan sebab doa mereka, shalat mereka, dan keikhlasan mereka”.

Orang yang ikhlas akan merasa ringan dalam melakukan berbagai ketaatan yang ada pada umumnya terasa berat bagi kebanyakan orang. Demikian itu karena orang yang ikhlas senantiasa menyimpan harapan pahala dari Allah. Dia juga akan merasa ringan dalam meninggalkan maksiat, karena rasa takut terhadap siksa Rabbnya yang tertanam kuat di dalam hatinya. Orang yang ikhlas dalam beramal akan bisa menjadikan amalannya akan berbuah pahala yang berlipat ganda.

Judul Buku : Saku Ikhlas
Penulis : Ustadz Abu Mushlih Ari Wahyudi
Penerbit : Pustaka Muslim
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : Ukuran 14 x 10 cm, Berat 200 gr, Tebal 88 halaman