Buku Saku Adab Penuntut Ilmu (PQS)

Buku Saku Adab Penuntut Ilmu (PQS)

Beli Produk Ini

Rp 5.000

Product Description

Buku Saku Adab Penuntut Ilmu

Ibrahim Al-Utsman, Penerbit PQS

Seorang penuntut ilmu ialah generasi idaman di tiap zaman, kehadirannya mengharumkan bumi dengan kearifannya. Para ulama senantiasa membuat karya seputar adab-adab menuntut ilmu dari masa ke masa. Yang paling populer ialah Tadzkiratu as-Sami' wa al-Mutakallim fi Adabi al-'Alim wa al-Muta'allim karya Imam Ibnu Jama’ah Al-Kinani salah seorang pemuka tokoh mazhab Syafi’i hingga buku kontemporer di masa ini: Hilyah Thalabil Ilmi karya Syaikh Bakr Abu Zaid dan yang semisalnya.

Ilmu adalah ketaatan dan ibadah, sedangkan ikhlas kepada Allah wajib hukumnya dalam seluruh bentuk ibadah dan ketaatan. Allah Ta’ala berfirman, 

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (Surat Al-Bayyinah: 5)

Ikhlas dalam menuntut ilmu adalah mencari ridha Allah dengan ilmu tersebut. Maka ketika ambisi seorang penuntut ilmu adalah untuk memperoleh ijazah atau menduduki suatu jabatan untuk mendapatkan manfaat yang bersifat materi saja, maka sesungguhnya ia tidak ikhlas dalam menuntut ilmu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mempelajari ilmu yang sepatutnya untuk mencari ridha Allah. Namun, ia tidak mempelajarinya melainkan untuk mendapatkan keuntungan dunia, maka ia tidak akan mencium bau Surga pada hari Kiamat.” Maksudnya adalah wanginya. 

Seorang penuntut ilmu hendaknya berperangai dengan hal-hal ini; rendah hati, tenang dan tidak sombong. Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu berkata, “Pelajarilah ilmu dan pelajari juga pembawaan yang tenang dan wibawa bagi ilmu itu. Bersikap rendah hatilah kepada orang yang menjadi guru kalian, niscaya orang yang belajar kepada kalian juga akan bersikap serupa. Jangan kalian sekali-kali menjadi ulama yang angkuh dan jangan pula kalian sejajar bersama kebodohan kalian.”

Seorang penuntut ilmu hendaknya bersemangat dalam belajar. Janganlah merasa cukup dengan ilmu yang sedikit, padahal ada kemampuan untuk memperoleh ilmu yang banyak. Jangan pula merasa puas dengan mendapatkan secuil warisan para Nabi. 

Judul Buku : Saku Adab Penuntut Ilmu
Penulis : Ibrahim Al-Utsman
Penerbit : PQS
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 62 halaman, ukuran buku saku 9 x 12 cm, berat buku packing +/- 150 gram