Buku Riba & Tinjauan Kritis Perbankan Syari’ah (Pustaka Dhiya’ul Ilmi)

Buku Riba & Tinjauan Kritis Perbankan Syari’ah (Pustaka Dhiya’ul Ilmi)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 60.000,00
Rp 48.000
You save: IDR 12.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Riba & Tinjauan Kritis Perbankan Syari’ah

Dr. Muhammad Arifin bin Badri, M.A., Pustaka Dhiya’ul Ilmi

Sejauh mana Anda mengenal riba? Pembahasan ini bukan Halu (halusinasi) para pejuang dakwah yang coba membangkitkan keterpurukan umat di bidang ekonomi. Kerja mengentaskan masyarakat dari cengkraman riba ini benar-benar kerja nyata. Buku ini mengupas seluk beluk riba dan macam macamnya, berikut kaidah-kaidah yang dipakai dalam mengenal riba dan terakhir; studi kritis terhadap perbankan syariah.

Tahukah Anda bahwa suatu akad atau transaksi atas barang tertentu yang ketika akad berlangsung, tidak diketahui kesamaannya menurut ukuran syari’at atau dengan menunda penyerahan kedua barang yang menjadi obyek akad atau salah satunya. Maka itu adalah riba. Allah Azza wa Jalla berfirman, 

وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا

“Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.” (Surat Al-Baqarah: 275)

Dan terdapat teguran secara langsung dari Rasulullah, sahabat Jabir bin ‘Abdillah, beliau berkata,

لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- آكِلَ الرِّبَا وَمُوكِلَهُ وَكَاتِبَهُ وَشَاهِدَيْهِ وَقَالَ هُمْ سَوَاءٌ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat pemakan riba (rentenir), orang yang menyerahkan riba (nasabah), pencatat riba (sekretaris) dan dua orang saksinya.” Beliau mengatakan, “Mereka semua itu sama.”

Beragam Argumen diharamkannya Riba

Pertama, pemakan riba akan dihinakan seluruh makhluk, yaitu ketika ia dibangkitkan dari kuburannya, ia dibangkitkan dalam keadaan yang amat hina, ia dibangkitkan bagaikan orang kesurupan lagi gila. Kedua, penegasan bahwa riba diharamkan oleh Allah Ta’ala, sehingga tidak termasuk ke dalam perniagaan yang nyata-nyata dihalalkan. Ketiga, ancaman bagi orang yang tetap menjalankan praktek riba setelah datang kepadanya penjelasan dan setelah ia mengetahui bahwa riba diharamkan dalam syariat Islam, akan dimasukkan ke Neraka. Bahkan bukan sekedar masuk ke dalamnya, akan tetapi pada ayat di atas (surat Al-Baqarah: 275-279) bahwa “ia kekal di dalamnya.”

Buku ini disusun oleh alumni Universitas Madinah, Fakultas Syari’ah jenjang S2 dengan predikat Summa Cumlaude. Beliau juga aktif menulis, di antara karya tulis beliau yang tersebar: Jalan Lurus Menuju Tauhid, Bahtera Dakwah Salaf di Lautan Indonesia, Kebangkitan Paham Abu Jahal, Sifat Perniagaan Nabi, dan lain sebagainya. Semoga kehadiran buku dengan bahasan riba ini mampu menggugah kesadaran kaum muslimin dalam muamalah mereka. 

Judul Buku : Riba Dan Tinjauan Kritis Perbankan Syariah
Penulis : Dr. Muhammad Arifin bin Badri, M.A.
Penerbit : Pustaka Dhiyaul Ilmi
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 190 halaman, ukuran buku 15.5 x 23.5 cm, berat buku packing +/- 450 gram