Buku Riba di Sakumu (Muamalah Publishing)

Buku Riba di Sakumu (Muamalah Publishing)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 25.000,00
Rp 20.000
You save: IDR 5.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Riba di Sakumu

Ammi Nur Baits, penerbit Muamalah Publishing

Buku yang menggelitik untuk dibaca, khususnya para hamba Allah yang masih berkutat dengan Riba. Jika sebelumnya, telah mencatat rekor yang “menampar” sebagian pihak dengan judulnya yang ramah, “Ada Apa dengan Riba (AADR)?” Kini, izinkanlah, untuk hadir menyapa Anda, satu ringkasan darinya. 

Buku apa ini? Buku ini termasuk intisari dari buku AADR yang booming itu. Ditulis oleh ustadz Muda yang penuh pengalaman di bidang Ekonomi Islam (selengkapnya dapat Anda simak dalam biografi penulis di akhir buku). Yuk kita “intip” sejenak, konten apa saja yang penulis suguhkan …

Mengenal apa itu Riba, menempati urutan pertama … penulis mulai menyebutkan makna secara bahasa dan istilah, lalu membawakan ijma ulama di dalamnya dengan sub judul: Menghalalkan riba, apakah dihukumi kafir? Penulis mengatakan, 

“Para Ulama sepanjang zaman telah sepakat tentang haramnya riba, barangsiapa membolehkannya maka dia kafir. Sebagaimana yang ditegaskan Ibnu Hubairah dalam Al-Ifshoh (1/326), An-Nawawi dalam Syarh Muslim (4/93-94). Al-Haitsami dalam Az-Zawajir (1/222), dan yang lainnya. Bahkan, riba juga diharamkan dalam semua ajaran agama sebelum Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Imam Al-Mawardi mengatakan, “Allah tidak pernah membolehkan zina dan riba dalam syariat manapun. Wallahu A’lam.”

Berlanjut menuju pembahasan selanjutnya, penulis menyuguhkan judul yang unik: Riba yang Halal. Tentunya membuat pembaca “gedek-gedek” (geleng kepala). “Lho, bukannya Riba haram sebagaimana disebutkan dalam bahasan sebelumnya, lantas, mengapa sekarang dihalalkan?” Bantu rasa penasaran Anda dengan menyimak lembar demi lembarnya, semoga Allah merahmati dan memberkahi langkah yang tengah Anda siapkan. 

Melaju ke topik yang tak kalah pentingnya yakni Bahaya Riba Dunya wal Akhiroh! Ternyata resiko riba tidak hanya berlaku di dunia saja, melainkan akan terus membuntuti hingga akhirat, wa nas ‘alullah wa salamah wal afiah. Allah Ta’ala berfirman, 

يَمْحَقُ ٱللَّهُ ٱلرِّبَوٰا۟ وَيُرْبِى ٱلصَّدَقَٰتِ ۗ وَٱللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ أَثِيمٍ

“Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa.” (Surat Al-Baqarah: 276)

Al-Imam Abul Fida’ Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Allah menegaskan bahwa Dia akan membinasakan riba, artinya Allah akan menghilangkan keseluruhan harta dari tangan pemiliknya. Atau Allah haramkan pemiliknya untuk mendapatkan keberkahan dari hartanya. Sehingga dia tidak bisa menikmati dengan baik. Dia dihukum di dunia dan di siksa di akhirat karena riba.”

Dan masih terdapat tema-tema lain yang disuguhkan oleh penulis, di antaranya: Macam-Macam Riba, Transaksi Riba di Sekitar Kita, dan Cara Taubat Pemakan Riba. Semoga pembahasan yang ada memberikan kemanfaatan untuk penulis dan pembacanya. Aamiin.

Judul Buku : Riba di Sakumu
Penulis : Ammi Nur Baits
Penerbit : Muamalah Publishing
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 144 halaman, ukuran buku 12.5 x 17.5 cm, berat 250 gram