Buku Rasulullah Sang Guru (Pustaka Arafah)

Buku Rasulullah Sang Guru (Pustaka Arafah)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 100.000,00
Rp 80.000
You save: IDR 20.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Rasulullah Sang Guru

Abdul Fattah Abu Ghuddah, Pustaka Arafah

Buku ini dipersembahkan kepada Anda para pemegang amanah khususnya pendidikan. Guru tidak hanya posisi yang dipegang oleh seseorang yang bekerja di instansi yang ditunjuk. Setiap orang adalah pengajar untuk dirinya dan keluarganya. Hanya saja ada rincian terkait makna guru yang dimaksud dalam buku ini. Buku yang sangat bagus untuk dimiliki para pengajar sekolah formal maupun non formal, di dalamnya terdapat dua bab penting: Pertama, Rasul Sang Guru. Yang mana menyajikan data-data dari Al-Qur’an dan As-Sunnah yang menunjukkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah guru teladan. Sedangkan bab kedua, disajikan metode Rasulullah dalam mengajar. Saat seseorang mengambil teladan dari pribadi yang mulia, maka hasilnya sangat bisa diharapkan.

Allah Ta’ala berfirman,

هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي الْأُمِّيِّينَ رَسُولًا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ

“Dialah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka Kitab dan Hikmah (As-Sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata.” (Surat Al-Jumu’ah: 2)

Al-Qur’an telah menetapkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah seorang guru bagi seluruh manusia dan kemanusiaan, di tengah keadaan beliau yang buta huruf dan lingkungan yang berupa padang pasir.

Perhatian terhadap Perbedaan Kondisi Pelajar

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memperhatikan perbedaan individu di antara orang-orang yang belajar, baik orang yang sekedar mendengar maupun yang bertanya. Beliau berbicara kepada masing-masing orang menurut kadar pemahamannya dan sesuai kedudukannya. Beliau juga menjaga hati para pemula. Beliau tidak mengajarkan kepada mereka sebagaimana yang diajarkan kepada orang-orang yang memiliki pengetahuan yang lebih tinggi. Beliau menjawab setiap pertanyaan orang yang bertanya menurut kepentingannya dan sesuai keadaannya. 

Menguatkan Pengajaran Ilmu dengan Sumpah

Dalam banyak kesempatan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memulai pembicaraan beliau dengan sumpah demi Allah Ta’ala, sebagai bentuk pemberitahuan tentang pentingnya apa yang akan beliau katakan. Juga, sebagai penguatan dan penekanan terhadap ketetapan hukumnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Demi yang jiwaku ada di tangan-Nya, kalian tidak akan masuk Surga hingga kalian beriman, dan kalian tidak beriman hingga kalian saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan kepada sesuatu yang jika kalian melakukannya niscaya kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian.”

Judul Buku : Rasulullah Sang Guru
Penulis : Abdul Fattah Abu Ghuddah
Penerbit : Pustaka Arafah
Format Buku : harcover
Dimensi Buku : tebal buku 332 halaman, ukuran buku 15 x 23.5 cm, berat buku packing +/- 600 gram