Buku Rambu-Rambu Dakwah (Penerbit At-Tibyan)

Buku Rambu-Rambu Dakwah (Penerbit At-Tibyan)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 20.000,00
Rp 16.000
You save: IDR 4.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Rambu-Rambu Dakwah

Dr. Hamud bin Ahmad Ar-Ruhaili, Penerbit At-Tibyan

Sekarang ini banyak didapati karya-karya seputar amar ma’ruf nahi mungkar (kami singkat menjadi AMNM), meskipun sudah banyak tulisan yang membahasnya. Namun, di sana ada beberapa hal -menurut pengamatan kami- butuh dipelajari dan diperhatikan. Pada muqadimah pelajaran ini hendaknya dijelaskan kaidah-kaidah serta norma-norma yang menetapkan metode penerapan kewajiban AMNM sebagaimana yang telah dijelaskan oleh para ulama sesuai Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Sebab mayoritas orang ingin melakukan AMNM tidak paham prinsip-prinsip dasarnya. Oleh karena itu, Anda akan mendapati sebagian da’i melaksanakan AMNM tanpa ilmu dan berfatwa tanpa dalil, sebagian yang lainnya mendakwahkan fadha’il (keutamaan-keutamaan amal) dan masalah akhlak, padahal dia menyaksikan kesyirikan telah berakar dalam perbuatan dan perkataan masyarakat, namun dia tidak peduli terhadap semua itu, bahkan merasa tenang dan tidak pernah memperbaiki akidah mereka. Padahal memperbaiki akidah masyarakat sangat penting dan harus didahulukan.

Tahukah Anda bahwa syariat merupakan dasar dalam menetapkan AMNM. Sesungguhnya timbangan yang dipakai untuk menilai sesuatu sebagai tindakan kebaikan atau keburukan adalah Al-Qur’an yang tidak terdapat di dalamnya kebatilan dari segala sisi, dan sunnah Rasulullah yang shahih serta metode yang telah ditempuh salafus shalih bagi umat ini. Bukan ditimbang dengan kebiasaan masyarakat atau istilah yang mereka buat-buat yang mana semua itu menyelisihi syari’at Islam.

Allah Ta’ala muliakan kita dengan amar ma’ruf nahi mungkar, Allah Ta’ala berfirman,

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.” (Surat Ali Imran: 110)

Hendaknya tiap diri takut dari adzab yang akan menimpa mereka dengan sebab meninggalkan perkara ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ النَّاسَ إِذَا رَأَوُوا الْمُنْكَرَ فَلَمْ يُنْكِرُوْهُ أَوْشَكَ أَنْ يَعُمَّهُمُ اللهُ بِعِقَابِهِ

“Sesungguhnya manusia itu bila melihat kemungkaran tapi tidak mengingkarinya, maka dikhawatirkan Allah akan menimpakan siksa-Nya yang juga menimpa mereka.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

Amar ma’ruf nahi mungkar adalah amalan orang-orang shalih terdahulu, dalam hal ini, Allah Ta’ala sebutkan kisah Luqman saat mewanti-wanti putranya,

وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَى مَا أَصَابَكَ إِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

“Dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).” (Surat Luqman: 17)

Judul Buku : Rambu-Rambu Dakwah
Penulis : Dr. Hamud bin Ahmad Ar-Ruhaili
Penerbit : At-Tibyan
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : Ukuran 20 x 14 cm, Tebal: 116 halaman