Buku Pendidikan Anak dalam Islam (Insan Kamil)

Buku Pendidikan Anak dalam Islam (Insan Kamil)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 150.000,00
Rp 120.000
You save: IDR 30.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Pendidikan Anak dalam Islam

Dr. Abdullah Nashih Ulwan, Penerbit Insan Kamil

Bicara parenting dan bicara buku panduan … tentu sudah banyak Anda dapati di pasaran. Ada Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu dengan bukunya Kaifa Nurabbi Auladana, begitu juga dengan Syaikh Musthafa Al-Adawi dengan bukunya Tarbiyatul Abna’. Kini simaklah terjemahan dari Tarbiyatul Aulad fil Islam. Bagaimana isi bukunya? Kami kutipkan rekomendasi dari Syaikh Wahbi Sulaiman Al-Ghawajji Al-Albani,

“Saya belum pernah mendapati seorang penulis yang mandiri dalam pembahasan-pembahasan seputar pendidikan yang penting ini dengan merujuk kepada tulisan-tulisan kaum muslimin yang murni, tanpa mengambil referensi kepada tujuan khusus yang lain sebagaimana yang dilakukan oleh Syaikh Ustadz Abdullah Ulwan. Sebab sesungguhnya beliau menulis untuk kepentingan kaum muslimin dan mengarahkan mereka. Oleh karenanya, beliau membatasi metodenya kepada Islam dan juga wawasan keislaman itu dibangun di atas prinsip-pinsip dasar Islam dan pengalaman-pengalaman kaum muslimin baik pendahulu maupun masa sekarang, maka membuatnya tidak memerlukan pendapat orang lain (non Muslim).”

Kewajiban Melaksanakan Etika Bermasyarakat. Salah satu kaidah yang diletakkan Islam dalam pendidikan anak di masyarakat adalah membiasakan mereka untuk berkomitmen pada etika umum dalam bermasyarakat dan membentuk akhlak kepribadiannya sejak dini dengan dasar-dasar pendidikan yang baik. Dengan demikian, ketika mereka telah dewasa dan secara bertahap mengetahui hakikat kehidupan, pergaulan mereka dengan orang lain sangat baik. Selain itu, dalam masyarakat mereka mempunyai sifat lemah lembut dengan orang lain, mencintai orang dan memiliki akhlak yang mulia.

Secara umum buku ini memuat tiga bagian utama yang terdiri dari sub bab yang panjang. Pasal pertama membahas; pernikahan yang ideal dan kaitannya dengan pendidikan, perasaan psikologis terhadap anak, hukum-hukum yang berkaitan dengan kelahiran, sebab-sebab kenakalan pada anak dan penanggulangannya. Bagian kedua membahas; tanggung jawab pendidikan iman, tanggung jawab pendidikan moral, tanggung jawab pendidikan fisik, tanggung jawab pendidikan akal, tanggung jawab pendidikan sosial, dan tanggung jawab pendidikan seks. Bagian ketiga membahas; metode dan sarana pendidikan yang berpengaruh pada anak, kaidah-kaidah asasi dalam pendidikan, dan sarana pendidikan.

Biografi Penulis. Dr. Abdullah Nashih ulwan adalah seorang ulama, faqih, da’i, dan pendidik. Ia dilahirkan di desa Qadhi Askar di kota Halab. Setelah lulus sekolah dasar, beliau disekolahkan di sekolah Khusruwiyyah untuk belajar ilmu-ilmu syariah. Beliau berguru kepada Syaikh Raghib Ath-Thabbakh, Syaikh Ahmad Asy-Syama’ dan Syaikh Ahmad Izzudin Al-Bayanuni. Beliau mempunyai banyak karya tulis di antaranya; Adab Al-Khitbah wa Az-Zifaf wa Huquq Az-Zaujan, Ahkam Az-Zakah ala Dhau’ Al-Mazahib Al-Arba’ah, Al-Islam wa Al-Jins, dan selainnya.

Judul Buku : Pendidikan Anak dalam Islam
Penulis : Dr. Abdullah Nashih ‘Ulwan
Penerbit : Insan Kamil
Format Buku : Hardcover
Dimensi Buku : tebal buku 906 hal, ukuran buku 16 x 24 cm, berat buku packing +/- 1400 gram