Buku Pasar Muslim dan Dunia Makelar (Muamalah Publishing)

Buku Pasar Muslim dan Dunia Makelar (Muamalah Publishing)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 50.000,00
Rp 40.000
You save: IDR 10.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Pasar Muslim dan Dunia Makelar

Ammi Nur Baits, Muamalah Publishing

Maraknya teknologi informasi menjadikan pasar makin merebak di mana saja, khususnya dunia maya. Meski dunia nyata dengan komoditi barangnya masih melambai-lambai manis menjajakan produknya. Inilah hukum seputar pasar berikut problem-problem kekinian seputar dunia pasar yang diadaptasikan dari kitab Ahkamus Suuq karya Imam Yahya bin Umar Al-Kinani Al-Maliki rahimahullah.

Ada beberapa bab yang menarik yang semestinya tidak Anda lewatkan … yakni perbedaan pasar muslim di Madinah dan pasar jahiliyah, pasar ditinjau dari sisi aqidah, bisakah kita mengusahakan untuk beribadah di dalam pasar seperti membaca Al-Qur’an atau berdzikir barangkali?(hal.40-62)

Lanjut … mengenal adab pasar. Segala sesuatu ada ilmunya, termasuk berdagang di pasar. Jadi, bukan main Slonong Boy aja (baca: tidak permisi) hingga ia melanggar aturan pasar. Banyaknya pelanggaran di pasar, kurang lebihnya disebabkan minimnya ilmu para pedagang. Keributan tidak hanya di ring tinju! Kadang terjadi juga di pasar. Apa saja ribut-ribut itu? Bagaimana hukumnya jualan di trotoar? Adakah aturan baku terkait bukalapak di trotoar? Wewenang parkir, menjamurnya pasar loak, dan black market!

Terus memasuki bab demi bab, tanpa terasa kita tengah memasuki halaman pertengahan yakni halaman 156, di sana dibahas seputar harga pasar; ada bab inflasi, keterangan tentang HET, larangan menjual harga di atas pasar, soal ngebanting-banting harga yang bikin galau pedagang serupa di kanan-kirinya … Jika ada yang bertanya, pelanggaran apa saja yang kerap terjadi di pasar? Biasanya ada dua yakni jika tidak menimbun, maka paling banter ialah memborong sebelum pedagang datang ke pasar.

Supaya adem, sejenak kita baca hadits dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang bersabda, “Tempat yang paling baik adalah masjid, sedang tempat yang paling buruk adalah pasar.” (HR. Ibnu Hibban)

Menuju bab akhir … Anda diajak untuk mengenal kebijakan pemerintah terhadap pasar dan mengambil keteladanan dari sosok pemimpin dalam bab ini yaitu Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu. Dan sebagai penutup, penulis sajikan bab yang paling digandrungi banyak orang dengan sedikit modal … untungnya jutaan! Wow … Masya Allah … mau dong? Jadi, apa kira-kira? Yup, Anda benar! Menjadi makelar. Anda siap?

Judul Buku : Pasar Muslim dan Dunia Makelar
Penulis : Ammi Nur Baits
Penerbit : Muamalah Publishing
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 288 halaman, ukuran buku 12 x 18 cm, berat 200 gram