Buku Pasang Surut Keimanan (Pustaka Ibnu Katsir)

Buku Pasang Surut Keimanan (Pustaka Ibnu Katsir)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 45.000,00
Rp 36.000
You save: IDR 9.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Pasang Surut Keimanan

Syaikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin Al-Badr, Penerbit Pustaka Ibnu Katsir

Iman bertambah dengan ketaatan dan sebaliknya dapat berkurang karena kemaksiatan. Hal ini ditunjukkan dalam Al-Qur’an maupun hadits berikut atsar para salaf. Allah Azza wa Jalla berfirman, 

هُوَ الَّذِي أَنْزَلَ السَّكِينَةَ فِي قُلُوبِ الْمُؤْمِنِينَ لِيَزْدَادُوا إِيمَانًا مَعَ إِيمَانِهِمْ ۗ وَلِلَّهِ جُنُودُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

“Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (Surat Al-Fath: 4)

Seorang mukmin tidak seharusnya merasa aman dan puas dengan kondisi keimanannya. Seharusnya seseorang mukmin merasa khawatir akan ketentuan Allah yang senantiasa membolak-balikkan hati, sehingga dengan demikian dia selalu waspada dan berusaha menjaga serta meningkatkan keimanannya. Seorang mukmin harus mengetahui apa saja faktor-faktor yang dapat membantunya dalam menjaga, mempertahankan dan bahkan meningkatkan keimanannya, kemudian melakukan hal-hal tersebut. Sebagaimana dia juga harus tahu apa saja faktor-faktor yang dapat mengancam, merongrong, menggerogoti bahkan membunuh keimanannya, sehingga dia dapat menghindarinya. 

Perkataan Salaf Tentang Bab Ini

Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu berkata, “Di antara kefahaman seseorang terhadap agama adalah bahwa dia tahu apakah keimanannya itu bertambah atau berkurang, dan sesungguhnya di antara kefahaman seseorang terhadap agamanya adalah dia mengetahui kapan godaan-godaan setan datang.”

Abdullah bin Rawahah rahimahullah berkata, “Marilah sejenak kita menambah keimanan, marilah kita mengingat Allah dan menambah keimanan dengan ketaatan kepada-Nya, semoga Dia mengingat kita dengan ampunan-Nya.”

Iman pun Dapat Berkurang!

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah menjelaskan, “Adapun berkurangnya keimanan itu memiliki beberapa sebab …. (di antaranya) meninggalkan ketaatan. Keimanan akan berkurang karena meninggalkan ketaatan. Berkurangnya keimanan sesuai dengan tingginya derajat ketaatan (yang ditinggalkan). Semakin tinggi derajat ketaatan (yang ditinggalkan) tersebut, maka kurangnya keimanan akan semakin besar karena meninggalkannya. Bahkan, bisa saja ia kehilangan keimanan secara keseluruhan. Seperti meninggalkan shalat.”

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, 

قَدْ أَفْلَحَ مَنْ زَكَّاهَا وَقَدْ خَابَ مَنْ دَسَّاهَا

“Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.” (Surat Asy-Syams: 9-10)

Ayat di atas menunjukkan akan pentingnya ketaatan dan menjaganya. Sesungguhnya hal ini merupakan sebab paling utama dalam mensucikan jiwa.

Judul Buku : Pasang Surut Keimanan
Penulis : Syaikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin Al-Badr
Penerbit : Pustaka Ibnu Katsir
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 264 halaman, ukuran buku 12.5 x 17.5 cm, berat buku packing +/- 450 gram