Buku Panduan Praktis Hukum Waris (Penerbit Pustaka Ibnu Katsir)

Buku Panduan Praktis Hukum Waris (Penerbit Pustaka Ibnu Katsir)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 76.000,00
Rp 60.800
You save: IDR 15.200,00! (20.00%)

Product Description

Buku Panduan Praktis Hukum Waris

Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, Penerbit Pustaka Ibnu Katsir

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mewajibkan tata cara pembagian warisan berdasarkan hikmah dan ilmu-Nya. Menetapkan bagian-bagian tertentu untuk ahli waris dengan pembagian yang terbaik dan teradil menurut hikmah-Nya yang sangat dalam, rahmat-Nya yang meliputi segala sesuatu dan ilmu-Nya yang Mala Luas. Lalu Dia menjelaskan perkara warisan dengan penjelasan yang sangat sempurna. Hal ini tercantum dalam ayat-ayat dan hadits-hadits yang jelas dan dapat difahami oleh semua orang dan ada juga yang membutuhkan penelitian dan pemikiran.

Dahulu, kaum jahiliyah tidak memberikan harta warisan kepada kaum wanita dan anak laki-laki yang masih kecil. Mereka mengatakan, “Bagi yang belum pernah berperang atau mendapatkan harta rampasan perang, maka mereka tidak berhak mendapat warisan.” Maka Allah Azza wa Jalla membatalkan hukum yang dibuat atas dasar kebodohan dan kezaliman tersebut serta menetapkan bagian tertentu untuk kaum wanita sesuai dengan kebutuhan mereka. Dia menetapkan jatah mereka setengah dari jatah laki-laki yang sejajar dengan mereka. Allah tidak menghalangi mereka mendapatkan harta warisan seperti yang dilakukan oleh kaum Jahiliyah, tidak juga menyamakan bagian mereka dengan bagian laki-laki sebagaimana yang dilakukan oleh sebagian orang-orang yang menyimpang dari akal dan fitrah yang lurus. Kemudian Allah Ta’ala berfirman,

يُوصِيكُمُ ٱللَّهُ فِىٓ أَوْلَٰدِكُمْ ۖ لِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ ٱلْأُنثَيَيْنِ ۚ فَإِن كُنَّ نِسَآءً فَوْقَ ٱثْنَتَيْنِ فَلَهُنَّ ثُلُثَا مَا تَرَكَ ۖ وَإِن كَانَتْ وَٰحِدَةً فَلَهَا ٱلنِّصْفُ ۚ وَلِأَبَوَيْهِ لِكُلِّ وَٰحِدٍ مِّنْهُمَا ٱلسُّدُسُ مِمَّا تَرَكَ إِن كَانَ لَهُۥ وَلَدٌ ۚ فَإِن لَّمْ يَكُن لَّهُۥ وَلَدٌ وَوَرِثَهُۥٓ أَبَوَاهُ فَلِأُمِّهِ ٱلثُّلُثُ ۚ فَإِن كَانَ لَهُۥٓ إِخْوَةٌ فَلِأُمِّهِ ٱلسُّدُسُ ۚ مِنۢ بَعْدِ وَصِيَّةٍ يُوصِى بِهَآ أَوْ دَيْنٍ ۗ ءَابَآؤُكُمْ وَأَبْنَآؤُكُمْ لَا تَدْرُونَ أَيُّهُمْ أَقْرَبُ لَكُمْ نَفْعًا ۚ فَرِيضَةً مِّنَ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلِيمًا حَكِيمًا

“Allah mensyariatkan bagimu tentang (pembagian pusaka untuk) anak-anakmu. Yaitu: bahagian seorang anak lelaki sama dengan bahagian dua orang anak perempuan; dan jika anak itu semuanya perempuan lebih dari dua, maka bagi mereka dua pertiga dari harta yang ditinggalkan; jika anak perempuan itu seorang saja, maka ia memperoleh separuh harta. Dan untuk dua orang ibu-bapa, bagi masing-masingnya seperenam dari harta yang ditinggalkan, jika yang meninggal itu mempunyai anak; jika orang yang meninggal tidak mempunyai anak dan ia diwarisi oleh ibu-bapanya (saja), maka ibunya mendapat sepertiga; jika yang meninggal itu mempunyai beberapa saudara, maka ibunya mendapat seperenam. (Pembagian-pembagian tersebut di atas) sesudah dipenuhi wasiat yang ia buat atau (dan) sesudah dibayar hutangnya. (Tentang) orang tuamu dan anak-anakmu, kamu tidak mengetahui siapa di antara mereka yang lebih dekat (banyak) manfaatnya bagimu. Ini adalah ketetapan dari Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (Surat An-Nisaa’: 11)

Nampak pula dalam ayat ke-12 sampai 14 dan ayat 176. Allah telah menjelaskan bahwa Dia telah mewajibkan cara pembagian warisan berdasarkan ilmu dan hikmah-Nya. Dan itu merupakan kewajiban yang tidak boleh ditambah-tambah ataupun dikurangi …………..

Judul Buku : Panduan Praktis Hukum Waris
Penulis : Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin
Penerbit : Pustaka Ibnu Katsir
Format Buku : Hardcover
Dimensi Buku : tebal buku 276 halaman, ukuran buku 16 x 24 cm, berat buku packing +/- 600 gram