Buku Panduan Ilmu & Hikmah Syarah Lengkap Al-Arba’in An-Nawawi (Darul Falah)

Buku Panduan Ilmu & Hikmah Syarah Lengkap Al-Arba’in An-Nawawi (Darul Falah)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 195.000,00
Rp 156.000
You save: IDR 39.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Panduan Ilmu & Hikmah Syarah Lengkap Al-Arba’in An-Nawawi

Ibnu Rajab, Penerbit Darul Falah 

Buku ini ialah terjemahan dari Jami’ul Ulum wal Hikam fi Syarhi Khamsina min Jawami’il Kalim. Penulisnya adalah seorang imam, aktivis, orang alim, pakar hadits, pakar tafsir, pakar ushul fiqih, ahli ibadah, ahli zuhud, orang rabbani, dan sisa-sisa salafus shalih yakni Zainuddin Abu Al-Faraj Abdurrahman bin Syaikh Abu Al-Abbas Ahmad bin Rajab Al-Hanbali rahimahullah. 

Apa Kata Penulis Tentang Buku Ini?

Ketahuilah bahwa saya tidak punya maksud apa-apa selain mensyarah kata-kata nabawiyah yang dicakup hadits-hadits yang lengkap ini. Oleh karena itu, saya tidak membatasi diri dengan kata-kata Syaikh An-Nawawi  tentang biografi para perawi hadits-hadits tersebut, yaitu para sahabat. Saya juga tidak membatasi diri dengan kata-kata Syaikh An-Nawawi dengan ikut mengacu kepada buku-buku yang ia pakai. Namun, saya mendatangkan makna-makna yang menunjukkan tentang itu semua, karena saya telah menjelaskan kepada Anda bahwa saya tidak punya maksud apa-apa selain mensyarah makna-makna kalimat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang komprehensif plus segala kandungannya: etika, hikmah-hikmah, ilmu pengetahuan, hukum-hukum, dan perundang-undangan.

Hadits ke-43

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

“أَلْحِقُوا الْفَرَائِضَ بِأَهْلِهَا، فَمَا أَبْقَتِ الفَرَائِضُ، فَلأَوْلَى رَجُلٍ ذَكَرٍ”

“Berikan bagian-bagian (warisan) kepada para pemiliknya. jika bagian-bagain (warisan) tersisa, maka untuk orang laki-laki yang paling dekat.”

Ayat yang berbicara mengenai warisan. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, (artinya) “Allah mensyari'atkan bagimu tentang (pembagian pusaka untuk) anak-anakmu. Yaitu: bahagian seorang anak lelaki sama dengan bagahian dua orang anak perempuan; dan jika anak itu semuanya perempuan lebih dari dua, maka bagi mereka dua pertiga dari harta yang ditinggalkan; jika anak perempuan itu seorang saja, maka ia memperoleh separo harta. Dan untuk dua orang ibu-bapa, bagi masing-masingnya seperenam dari harta yang ditinggalkan, jika yang meninggal itu mempunyai anak; jika orang yang meninggal tidak mempunyai anak dan ia diwarisi oleh ibu-bapanya (saja), maka ibunya mendapat sepertiga; jika yang meninggal itu mempunyai beberapa saudara, maka ibunya mendapat seperenam. (Pembagian-pembagian tersebut di atas) sesudah dipenuhi wasiat yang ia buat atau (dan) sesudah dibayar hutangnya. (Tentang) orang tuamu dan anak-anakmu, kamu tidak mengetahui siapa di antara mereka yang lebih dekat (banyak) manfaatnya bagimu. Ini adalah ketetapan dari Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (Surat An-Nisaa’: 11)

Judul Buku : Panduan Ilmu & Hikmah Syarah Lengkap Al-Arba’in An-Nawawi
Penulis : Ibnu Rajab
Penerbit : Darul Falah
Format Buku : Hard Cover
Dimensi Buku : tebal buku 1.034 halaman, dimensi 16 cm x 24,5 cm, berat 1.550 gram