Buku Modul Akhlak 2 jilid (Hikmah Anak Sholih)

Buku Modul Akhlak 2 jilid (Hikmah Anak Sholih)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 15.000,00
Rp 13.500
You save: IDR 1.500,00! (10.00%)

Product Description

Buku Modul Akhlak (2 jilid tipis)

Abu Umamah Abdurrohim bin Abdul Qohar Al-Atsary, penerbit HAS

Dekadensi moral makin membuat sebagian orang tua kalang kabut. Sebagian anak masa ini susah diarahkan daripada anak di masa dahulu. Mengapa demikian? Inilah yang dinamakan dengan krisis akhlak. Adab dan akhlak selalu menjadi poin penting yang selayaknya diperhatikan oleh para orang tua. Tengoklah ibunda dari Imam Malik yang menyiapkan dirinya untuk mengambil adab dari ulama kenamaan di zamannya. Demikian pula yang terjadi pada ulama-ulama masa lampau. Mereka sangat menghargai adab. Ada banyak karya tulis yang disusun karenanya. 

Adapun buku yang ada di hadapan pembaca, hanyalah sepenggal adab yang penulis sarikan dari kitab-kitab yang mu’tabar. Buku ini berisi: adab makan, adab minum, adab berpakaian, adab tidur, adab mandi dan buang hajat, adab bersin dan menguap, adab berbicara, adab memberi salam, adab meminta izin, adab menjenguk orang sakit, adab takziyah dan merawat jenazah. Sekitar sebelas adab pilihan. Selain memaparkan materi, penulis berinisiatif memberikan soal-jawab pada setiap tema yang disuguhkan.

Adab Berpakaian. Kepribadian seseorang bisa dilihat, salah satunya, melalui cara berpakaian. Seorang yang senang dengan kebersihan akan tercermin dari cara berpakaiannya. Demikian pula orang yang suka kerapian, maka pakaiannya pun akan dikenakan dengan cara yang rapi. Di antara adab berpakaian: pertama, seorang muslim hendaknya berupaya mencerminkan keimanan dan ketakwaan dirinya. Kedua, warna putih. Ketiga, memakai gamis. Keempat, tidak isbal, tidak memakai sutra bagi laki-laki.

Di antara dalil-dalilnya, 

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ

Barangsiapa menyerupai suatu kaum maka ia termasuk bagian dari mereka.”

الْبَسُوا مِنْ ثِيَابِكُمُ الْبَيَاضَ فَإِنَّهَا خَيْرُ ثِيَابِكُمْ وَكَفِّنُوا فِيهَا مَوْتَاكُمْ

“Pakailah pakaian putih karena pakaian seperti itu adalah sebaik-baik pakaian kalian dan kafanilah mayit dengan kain putih pula.”

كَانَ أَحَبَّ الثِّيَابِ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- الْقَمِيصُ

“Pakaian yang paling disukai oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu gamis.”

Isbal adalah menjulurkan pakaian melebihi mata kaki.

ما أسفل من الكعبين من الإزار ففي النار

“Kain yang panjangnya di bawah mata kaki tempatnya adalah Neraka.”
Adab Berbicara. Seseorang akan dinilai dan juga ditentukan oleh keadaan lisannya atau bicaranya. Jika bagus keadaan bicaranya, maka baguslah keadaan orang tersebut. Dan jika jelek bicaranya, maka berarti jeleklah keadaan orang tersebut. Islam merupakan agama yang mulia dan sempurna, di mana Islam telah mengajarkan bagaimana agar kita tidak terjerumus kepada kehinaan dan kehancuran disebabkan oleh lisan kita. (Selengkapnya hal.12-21, jilid 1)

Judul Buku : Modul Akhlak (2 jilid tipis)
Penulis : Abu Umamah Abdurrohim bin Abdul Qohar Al-Atsary
Penerbit : Hikmah Anak Sholih
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku jilid 1 47 halaman, jilid 2 56 halaman, ukuran buku 14 x 21 cm, berat buku packing +/- 200 gram