Buku Merekalah Golongan Yang Selamat (Pustaka At Tazkia)

Buku Merekalah Golongan Yang Selamat (Pustaka At Tazkia)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 76.000,00
Rp 60.800
You save: IDR 15.200,00! (20.00%)

Product Description

Buku Merekalah Golongan Yang Selamat

Ide penulisan buku ini melewati tiga tahapan;

Tahap pertama, saat saya masih menuntut ilmu -dan kini masih berstatus sebagai penuntut ilmu- saya pernah berdiskusi dengan salah seorang kawan tentang masalah fiqih, lalu saya berargumen dengan hadits, dan saya katakan padanya, “Hadits ini terdapat dalam kitab Syaikh al-Albani rahimahullah.” Maka sekonyong-konyong dia memutus perkataan saya, dengan mengatakan, “al-Albani bukan seorang ahli fiqih.” Perkataan ini, bagi saya, bagai petir di siang bolong, dan membuat rasa sangat sedih. Karena itu, saya bertekad suatu saat nanti saya akan menulis sebuah tulisan sebagai pembelaan terhadap Syaikh al-Albani. Kemudian terbetik dalam hati, “Mengapa saya hanya mengkhususkan pembelaan terhadap syaikh al-Albani saja dengan tulisan yang akan ditulis nanti? Mengapa saya tidak menolak tuduhan batil ini dari semua ahli hadits? Karena sejumlah ahli hadits telah dituduh oleh orang-orang yang tidak memiliki ilmu bahwa mereka bukanlah ahli fiqih?”

Anda akan terkejut ketika mengetahui bahwa mereka menuduh demikian terhadap sahabat mulia; Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, juga terhadap  Imam Ahmad bin Hanbal, Imam Yahya bin Ma’in, dan selainnya. Karena itu, saya berusaha untuk menulis sebuah buku yang utuh yang menjelaskan kefiqihan ahli hadits, dan menolak tuduhan batil yang dituduhkan kepada ahli hadits seluruhnya. Tulisan ini saya beri judul “Tanbihul Adzkiya’ ‘Ala Khatha’in Man Za’ama Anna Ahlal Hadits Laisuu Bi Fuqahaa’ ” (Peringatan Para Ulama Terhadap Kesalahan Orang Yang Menyangka Bahwa Ahli Hadits Bukan Ahli Fikih).

Tahap kedua, saya perlu mengumpulkan segala tuduhan yang disematkan ahli bid’ah terhadap ahli hadits, kemudian saya kemukakan bantahannya dan menjelaskan kesalahannya.

Tahap ketiga, ide untuk menyusun kitab dalam bentuk seperti ini. Yaitu saat  saya masih menuntut ilmu dan membaca berbagai kitab, saya kumpulkan berbagai faidah yang kujumpai dalam berbagai kitab tentang akidah, hadits, fikih, sirah, dan sejarah, sehingga terkumpullah beberapa kutipan dan faidah yang sangat dibutuhkan., yang meliputi keutamaan ahli hadits, karakteristik, dan manhaj mereka dalam akidah, ibadah, muamalah, dan akhlak. Demikian pula beberapa nukilan penting dari para ulama dan imam dalam membela ahli hadits, dan membantah segala tuduhan batil yang dituduhkan kepada mereka, serta tema lainnya. Lalu saya merasa perlu untuk menyusun sebuah kitab yang bisa menghimpun semua pembahasan ini. Terlebih lagi, saya belum melihat satu kitab pun yang menghimpun tema yang sangat penting ini. Lalu saya memberinya judul  ‘Khasa ish Ahli Hadits wa Sunnah’ (Karakteristik Ahli Hadits Dan Sunnah, edisi Indonesia judulnya sebagaimana Anda lihat, mengalami perubahan).

Buku cetak edisi hardcover, tebal buku 350 halaman, ukuran buku 16,5 x 24,5 cm, dan dengan berat 639 gram.
Penulis: Syaikh Muhammad Muhibuddin Abu Zaid
Penerbit: Pustaka at-Tazkia