Buku Menjadi Hafizh Tips & Motivasi Menghafal al-Qur’an (Aqwam)

Buku Menjadi Hafizh Tips & Motivasi Menghafal al-Qur’an (Aqwam)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 78.000,00
Rp 62.400
You save: IDR 15.600,00! (20.00%)

Product Description

Buku Menjadi Hafizh Tips & Motivasi Menghafal al-Qur’an (Aqwam)

Inilah al-Qur’an yang agung. Kita terhitung beribadah kepada Allah Azza wa Jalla dengan membaca, menghafal, serta mengamalkan segala kandungannya; baik berupa hukum, adab, maupun akhlak. Ia tidak seperti yang disangka oleh banyak orang, bahwa al-Qur’an hanya sekedar kitab peribadatan atau pencarian berkah saja. Namun, ia merupakan aturan yang sempurna bagi kehidupan umat manusia baik di dunia maupun di akhirat.

Oleh karenanya, wajib bagi seluruh umat Islam untuk senantiasa menjunjung tinggi al-Qur’an di dalam hatinya terlebih dahulu, selanjutnya di dalam kehidupan nyata yang mereka jalani baik; baik dengan membacanya, menghafalnya, mempelajarinya, mengajarkannya, berhukum dengannya, atau dalam menetapkan hukum. Lalu mereka menghalalkan  perkara yang dihalalkan olehnya serta mengharamkan perkara yang diharamkan olehnya, juga menegakkan huruf-hurufnya dan hukum-hukumnya demi melaksanakan apa yang telah disebutkan di atas dan hal-hal lainnya.

Buku ini hadir untuk menjadi motivasi bagi saudara-saudaraku kaum muslimin supaya mereka melipatgandakan usaha mereka dalam memberikan perhatian terhadap kitab Allah Azza wa Jalla. Juga agar bisa menjadi sebentuk nasihat bagi kaum muslimin, serta bentuk tolong menolong dalam hal kebaikan dan ketakwaan. Dalam buku ini, penulis memaparkan beberapa penjelasan penting, di antaranya tentang keutamaan menjadi hafizh al-Qur’an, cara mewujudkan impian menjadi hafizh al-Qur’an, tips-tips dalam menghafal al-Qur’an, beberapa saran dan metode menghafal, peran keluarga dalam menjadikan anak menjadi hafizh al-Qur’an, cara membuat anak-anak mencintai al-Qur’an, penghambat-penghambat dalam menghafal, nutrisi yang dapat membantu proses menghafal, dan lain sebagainya.

Keutamaan Menjadi Hafizh al-Qur’an

Penulis memaparkan 18 poin pada bagian ini, salah satu di antaranya; meneladani tokoh panutan utama; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, meneladani generasi terbaik, menghafal al-Qur’an dimudahkan bagi seluruh umat manusia, tidak ada hubungannya dengan kecerdasan ataupun usia, menghafal al-Qur’an adalah proyek yang tidak mengenal kata rugi.

Kata-Kata Mutiara dari Imam Teladan

Imam Yahya bin Sharaf an-Nawawi berkata, “Dahulu, para salaf tidak mengajarkan hadits dan fikih kecuali kepada orang yang telah hafal al-Qur’an.”

Imam al-Walid bin al-Mughirah, “Sungguh, ia (al-Qur’an) sangat mengagumkan dan dihiasi dengan keindahan. Bagian atasnya menghasilkan banyak buah dan bagian bawahnya sangat subur. Sungguh, ia benar-benar tinggi dan tidak ada yang mengunggulinya.”

Imam Ibnu al-Jazari mengatakan (dalam bait-bait syair), “Sesungguhnya mereka di antara umat manusia adalah wali Allah dan Rabb kami akan senantiasa bangga dengan mereka, Dia berfirman tentang mereka di dalam al-Qur’an dan cukuplah Dia mewariskannya kepada orang-orang pilihan.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

“Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

Penulis Ahmad Baduwailan, Penerbit Aqwam.