Buku Meneladani Akhlak Generasi Terbaik (Penerbit Darul Haq)

Buku Meneladani Akhlak Generasi Terbaik (Penerbit Darul Haq)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 40.000,00
Rp 32.000
You save: IDR 8.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Meneladani Akhlak Generasi Terbaik

Abdul Aziz bin Nashir Al-Julayyil dan Baha’uddin bin Fatih Uqail, Penerbit Darul Haq

Peran akhlak dalam membentuk karakter seseorang begitu nyata. Orang yang terbiasa dengan akhlak karimah, maka ia akan mudah untuk melakukan kebaikan. Dan hal ini yang menjadi perhiasan kaum salaf di masa keemasan Islam. Buku yang ada di hadapan pembaca merupakan kutipan dari dua kitab ternama yakni Siyar Alamin Nubala’ karya Imam Adz-Dzahabi dan Shifatus Shafwah karya Imam Ibnul Jauzi dan kami rangkum dengan penyesuaian sub judul dan kami beri nama Aina Nahnu min Akhlaqis Salaf. 

Buku ini memuat banyak teladan dari orang-orang shalih terdahulu … bagaimanakah sifat jujur dan ikhlas mereka, bagaimanakah rasa takut mereka kepada Allah?, Bagaimana sikap zuhud mereka, bagaimana etika mereka saat berfatwa?, Bagaimana adab mereka terhadap Al-Qur’an? Bagaimana mereka bersungguh-sungguh dalam beribadah dan menetapi sunnah dan menjauhi kebid’ahan? Dan bagaimana ulama salaf dalam menjaga waktu-waktu mereka agar produktif sepanjang harinya? Temukan semuanya dalam buku yang ringkas ini.

Rasa Takut kepada Allah dan Merasa diawasi oleh Allah

Dari Al-Fasawi diriwayatkan bahwa ia menceritakan, Abul Yaman telah menceritakan kepada kami, dari Jarir bin Utsman, dari Abul Hasan Imran bin Nimran, bahwa Abu Ubaidah pernah berjalan di tengah laskar kaum muslimin, sambil berkata, “Bisa jadi orang yang mencuci bersih pakaiannya, tapi justru mengotori agamanya! Ingatlah, bisa jadi orang yang yang merasa memuliakan dirinya sendiri, tetapi justru menghinakannya! Segera gantikan kejahatan-kejahatan lamamu dengan kebajikan-kebajikan baru.”

Dari Ibnu Syaudzab diriwayatkan bahwa ia menceritakan, “Tatkala sakaratul maut menjemput Abu Hurairah, beliau menangis, orang-orang bertanya, “Apa yang membuatmu menangis?” Belia menjawab, “Jauhnya perjalanan, sedikitnya perbekalan dan banyaknya aral rintangan. Sementara tempat kembali, mungkin ke Surga atau mungkin ke Neraka.”

Kesabaran Menghadapi Musibah

Musibah demi musibah telah mendera sebagian negeri ini; berupa tanah longsor, banjir bandang, angin puting beliung, dan lain sebagainya. Lihatlah kesabaran yang menimpa orang zaman ini dengan orang belakangan …

Dari Sya’bi diriwayatkan  bahwa ia menceritakan, Syuraih berkata, “Sesungguhnya aku tertimpa musibah, dan aku bersyukur kepada Allah empat kali; aku bersyukurr karena musibah yang menimpaku tidak lebih besar dari itu, Aku bersyukur karena Allah masih memberiku kesabaran menghadapinya, aku bersyukur karena masih memberiku taufiq untuk beristirja’ (mengucapkan, “Innalillahi wa inna ilaihi raji’un) karena aku mengharapkan pahala, dan aku bersyukur karena musibah itu bukan pada agamaku.”

Judul Buku : Meneladani Akhlak Generasi Terbaik
Penulis : Abdul Aziz bin Nashir Al-Julayyil dan Baha’uddin bin Fatih Uqail
Penerbit : Darul Haq
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 179 halaman, ukuran buku 14.5 x 20.5 cm, berat buku packing +/- 450 gram