Buku Khutbah Jum’at Pilihan (Insan Kamil)

Buku Khutbah Jum’at Pilihan (Insan Kamil)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 75.000,00
Rp 60.000
You save: IDR 15.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Khutbah Jum’at Pilihan

Tim Redaksi Insan Kamil, Penerbit Insan Kamil

Jum’at adalah hari istimewa bagi kaum muslimin, di mana pada hari tersebut kaum muslimin berhari raya pada tiap pekannya. Terdapat sunnah-sunnah yang banyak seperti membaca surat Al-Kahfi, ‘sunnah bagi pasutri’ yang tidak bisa diamalkan oleh kaum jomblo high quality, mandi besar, memakai pakaian yang baik dan memakai parfum, datang di awal waktu, duduk mendekat kepada khatib, memperbanyak doa sebelum khatib naik mimbar, banyak berdoa di sore hari menjelang Maghrib, dan lain sebagainya.

Zaman terus berkembang, jika dahulu posisi khatib hanya diisi oleh para kyai, ustadz, dan santri yang tengah bertugas turun pondok. Akan tetapi kini, semua orang bisa tampil. Biasanya diambil dari pemuka kampung, aparat desa, guru, pegawai negeri, dan ikatan remaja masjid. Akhirnya, ada yang kompeten dan ada yang sebaliknya, akhirnya khutbah yang ada rasanya ‘hambar’ karena diramu oleh yang bukan ahlinya. Oleh karena itu, sebagai sumbangsih kepada dakwah Islam, kami haturkan buku panduan khutbah jumat dan contoh artikel dengan beragam tema. Semoga memudahkan kaum muslimin dalam mengambil faidah darinya.

Mengenal Rukun Khutbah Jum’at

Rukun adalah sesuatu yang harus dipenuhi dalam suatu pekerjaan untuk mendapatkan sahnya suatu pekerjaan untuk mendapatkan sahnya suatu pekerjaan tersebut. Maka dari itu, apabila disebut rukun khutbah Jum’at maka maknanya adalah sesuatu yang harus dipenuhi untuk mendapatkan keabsahan khutbah Jum’at tersebut. Secara umum para ulama berbeda pendapat dalam hal rukun khutbah Jum’at, namun menurut pendapat yang shahih adalah rukun khutbah Jum’at dianggap terpenuhi apabila seorang khatib telah melakukan khutbah sebagaimana yang biasa di dalam khutbah.

Syarat Khutbah Jum’at

Syarat adalah ketentuan atau perbuatan yang harus dipenuhi sebelum melakukan suatu pekerjaan atau ibadah. Tanpa memenuhi ketentuan / perbuatan tersebut, suatu pekerjaan dianggap tidak sah. Disebutkan di antara syarat-syarat khutbah jum’at adalah;

pertama, khutbah dilakukan setelah masuk waktu shalat Jum’at, tidak sah jika khutbah dilakukan sebelum tiba waktu shalat Jum’at.

kedua, khutbah Jum’at disampaikan dengan suara lantang yang sekiranya didengar oleh orang yang menghadirinya.

Dan ada syarat ketiga dan keempat yang diperselisihkan oleh para ulama.

Sunnah Khutbah Jum’at

Di antaranya; suci dari najis dan hadats; baik besar maupun kecil, mengucapkan salam, berkhutbah di atas mimbar, menghadap hadirin, memberi nasehat kepada hadirin dengan kata yang mudah dipahami, memendekkan khutbah, dan mengangkat suara. (Selengkapnya dapat Anda baca di halaman pembuka).

Judul Buku : Khutbah Jum’at Pilihan
Penulis : Tim Redaksi Insan Kamil
Penerbit : Insan Kamil
Format Buku : Hardcover
Dimensi Buku : ukuran alquran 15 x 21 cm, berat buku 600 gram, tebal 414 halaman