Buku Kerajaan Islam Demak (Penerbit Al-Wafi Publishing)

Buku Kerajaan Islam Demak (Penerbit Al-Wafi Publishing)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 45.000,00
Rp 36.000
You save: IDR 9.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Kerajaan Islam Demak (Api Revolusi Islam Di Tanah Jawa)

Rachmad Abdullah, S.Si., M.Pd., Penerbit Al-Wafi Publishing

Sejarah panjang Islam telah memberikan pelajaran berharga bagi kita, bahwa kejayaan Islam akan tercapai jika syari’at Islam benar-benar ditegakkan. Sedang syari’at itu sendiri tak bisa ditegakkan tanpa adanya kekuasaan yang menaungi. Syari’at hanya bisa ditegakkan jika ada institusi yang mewadahinya. Institusi berupa daulah Islamiyah. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

وَلَيَنصُرَنَّ اللَّهُ مَن يَنصُرُهُ إِنَّ اللَّهَ لَقَوِيٌّ عَزِيزٌ

“Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha kuat lagi Maha perkasa.” (Surat  Al Hajj : 40)

Islam mencapai kejayaannya di masa lalu karena kuat institusi yang menaungi. Di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, institusi tersebut berpusat di Madinah. Kemudian dilannjutkan dengan masa Khulafaur Rasyidin hingga Daulah Utsmaniyah yang paling terakhir runtuh.

Pun demikian halnya di Indonesia. Kerajaan Demak yang berdiri di bawah pimpinan Sultan Fattah adalah institusi yang menaungi tegaknya syari’at di nusantara kala itu. Seluruh undang-undang kerajaan yang sesuai dengan syari’at Islam termaktub dalam kitab Salokantoro dan Angger Surya.

Buku ketiga dari Trilogi Revolusi Islam di Tanah Jawa karya Rachmat Abdullah ini akan memaparkan bukti-bukti sejarah yang valid tentang penegakan syariat Islam di masa kerajaan Demak. Buku yang berjudul Kerajaan Demak, Api Revolusi Islam Di Tanah Jawa ini akan membuka cakrawala pikiran kita bahwa upaya penegakan Islam telah dimulai sejak masa Wali Songo. Hingga mencapai puncaknya ketika kerajaan Demak berdiri.

Dengan gamblang dan detail buku ini mengupas tentang peran kerajaan Demak di masa itu dalam mengembangkan dan mengamalkan Islam. Kegigihan umat Islam kala itu dalam memperjuangkan dan membela Islam melawan musuh-musuh yang mencoba merongrong. Baik dari kalangan penjajah Eropa maupun musyrikin pribumi sisa-sisa kerajaan Majapahit.

Dalam buku ini juga dipaparkan betapa penulisan sejarah bisa dijadikan alat politik. Ia bisa ditulis sesuai kehendak penguasa kala itu. Tentu demi melanggengkan kekuasaannya. Namun toh demikian, ternyata masih ada celah untuk membongkarnya --- tentu dengan izin Allah Ta’ala. Hingga ditemukannya sumber primer yang otentik dan tingkat validitasnya tinggi sebagai bukti kebenaran akan sejarah yang sesungguhnya.

Buku ini menampilkan frame-frame sejarah yang sebenarnya berdasarkan sumber-sumber sejarah yang valid di antaranya; Het Boek Van Bonang, karya B,J.O Schrieke, Kropak Ferrara Teks ke-2, Etika dan Panduan Beragama, karya G.W.J. Drewes, Kropak Ferrara teks ke-1 tentang Sarasehan dan selainnya.

Judul Buku : Kerajaan Islam Demak (Api Revolusi Islam Di Tanah Jawa)
Penulis : Rachmad Abdullah, S.Si., M.Pd
Penerbit : Al-Wafi Publishing
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : Ukuran 20 x 14 cm, Tebal:250 halaman