Buku Kecerdasan dalam Pandangan Islam (Pustaka Azzam)

Buku Kecerdasan dalam Pandangan Islam (Pustaka Azzam)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 171.000,00
Rp 136.800
You save: IDR 34.200,00! (20.00%)

Product Description

Buku Kecerdasan dalam Pandangan Islam

Ibnul Jauzi, Penerbit Pustaka Azzam

Kecerdasan merupakan keutamaan yang Allah Subhanahu wa Ta’ala berikan kepada setiap orang yang Allah Ta’ala kehendaki dari hamba-hamba-Nya. Inilah tiga puluh bab pilihan seputar kecerdasan berupa kutipan perkataan orang-orang shalih di zaman dahulu, mulai dari para Nabi, sahabat, tabi’in, dan ulama-ulama setelahnya. Buku yang disusun oleh Imam Abul Faraj Ibnul Jauzi rahimahullah dan ditahqiq oleh Syaikh Bassam Abdul Wahhab Al-Jabi. Dan sebelum memasuki buku yang mengagumkan ini, pentahqiq membawakan sekelumit biografi dari penulis, semoga dapat menjadikan teladan dalam keimanan.

Ciri-Ciri Orang yang Berakal lagi Cerdas

Sikap yang moderat dan penampilan yang sesuai adalah menunjukkan kekuatan akal dan kebagusan pikiran. bila leher tebal, maka itu menunjukkan kuat dan besarnya otak. Orang yang matanya bergerak dengan cepat dan tajam, maka ia penipu, pengecoh, dan pencopet. Mata yang paling bagus adalah yang hitam kebiru-biruan. Bila mata yang hitam kebiru-biruan tidak sangat tajam dan tidak tampak kekuning-kuningan serta tidak pula kemerah-merahan, maka menunjukkan watak yang baik. Bila matanya kecil lagi cekung, maka pemiliknya adalah penipu dan pendengki. Orang yang berwajah ramping, maka ia pandai memahami namun tertuduh dengan berbagai perkara. Kelembutan pada kekurusan terbatas lebih tampak. Orang-orang yang sedang tingginya, keadaannya baik.

Binatang yang Menyerupai Perkataan Manusia

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا وَقَعَ الذُّبَابُ فِى شَرَابِ أَحَدِكُمْ فَلْيَغْمِسْهُ ، ثُمَّ لِيَنْزِعْهُ ، فَإِنَّ فِى إِحْدَى جَنَاحَيْهِ دَاءً وَالأُخْرَى شِفَاءً

“Jika seekor lalat jatuh dalam minuman salah seorang di antara kalian, maka celupkanlah, lalu buanglah lalat tersebut karena di salah satu sayapnya terdapat racun dan sayap lainnya terdapat penawarnya.”

Tersebutlah kisah Al-Harits bin Sha’sha’ah yang mempunyai beberapa teman. Dan salah satu temannya ada yang bermain mata (genit) dengan istrinya. Di sisi lain, Al-Harits mempunyai Anjing yang terlatih. Suatu hari saat safar diadakan, maka laki-laki yang berhasrat kepada istrinya Al-Harits tidak ikut dan ia mempunyai niat yang jahat. Saat semuanya telah pergi, keduanya melakukan tindakan asusila. Lalu Anjing yang melihat kejadian tersebut langsung menerkam keduanya hingga tewas. Setelah Al-Harits pulang, maka tanpa ada yang bercerita, ia telah tahu kondisi yang terjadi sebenarnya. 

Judul Buku : Kecerdasan dalam Pandangan Islam
Penulis : Ibnul Jauzi
Penerbit : Pustaka Azzam
Format Buku : Hard Cover
Dimensi Buku : tebal buku 684 halaman, dimensi 16 cm x 24,5 cm, berat 1000 gram