Buku Kamus Al-Munawwir Arab – Indonesia Terlengkap (Pustaka Progressif)

Buku Kamus Al-Munawwir Arab – Indonesia Terlengkap (Pustaka Progressif)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 170.000,00
Rp 140.000
You save: IDR 30.000,00! (17.65%)

Product Description

Buku Kamus Al-Munawwir Arab - Indonesia Terlengkap

A.W. Munawwir, Pustaka Progressif

Bicara kamus rasanya kurang lengkap bila belum menyebutkan kamus yang satu ini. Kamus yang disusun oleh KH. Ahmad Warson Munawwir ini termasuk jajaran kamus berkelas dan mendapatkan perhatian dari dunia pendidikan baik formal maupun non formal, khususnya di pesantren. Kamus ini ditulis selama 15 tahun (prosesnya) dan baru dirilis perdana pada tahun 1976 M (1396 H). Jangan bayangkan bila tampilannya hard cover seperti yang Anda lihat hari ini. Tidak … tetapi dalam bentuk tulisan tangan beliau sendiri. Masya Allah

Dan perlu pembaca ketahui bahwa kesungguhan penulis terlihat dari semangat beliau untuk memberikan hasil karyanya agar dikoreksi oleh orang lain (satu halaman kamus, setor, satu muka, setor, dan seterusnya, sangat telaten sekali). Dan dalam hal ini, beliau percayakan kepada kakak iparnya sekaligus sebagai gurunya yakni KH. Ali Ma’shum.

Berawal dari Ma’had Al-Munawwir, Krapyak, Yogyakarta. Buku ini terus diperbanyak hingga ke seluruh nusantara. Sempat ada cerita unik dari Nyai (yakni istri penulis), “Saya heran, jika kami punya niatan untuk memakai hasil penjualan kamus untuk kebutuhan pribadi, untuk beli ini dan itu … maka tiba-tiba penjualannya menjadi seret. Akan tetapi, apabila kami niatkan untuk memajukan pondok pesantren, maka serta merta laris manis di pasaran.” (Dialihbahasakan dari bahasa Jawa dengan sedikit penyesuaian). Barangkali inilah yang disebut “Al-jaza-u min jinsil ‘amal” (balasan itu setimpal dengan amal perbuatan).

Usaha yang Dikerahkan Penerbit

Tentunya menulis dari nol itu lebih sulit daripada meneruskan proyek yang sudah berjalan, demikianlah gambaran yang dipaparkan penerbit dalam melengkapi kamus ini. Berikut kutipannya, “Menyusun sebuah kamus bahasa Arab-Indonesia yang lengkap sebagaimana yang tersirat pada teks judul “Terlengkap” memang sangatlah berat --kalau tidak boleh dikatakan mustahil. Selain harus dikerahkan banyak energi, pikiran, tenaga, waktu. Juga, biaya yang besar. Maka masih ada saja celah penyebab ketidaklengkapan itu. Masalah yang utama adalah adanya perkembangan perbendaharaan bahasa Arab seiring dengan pesatnya perkembangan budaya dan teknologi dalam era globalisasi. Sehingga ada saja di sana sini istilah baru dan koleksi baru kata-kata serapan yang bermunculan. Namun, tentu saja kita maklumi bersama, bahwa melengkapi isi kamus Al-Munawwir dengan menambahkan perbendaharaan kata-kata baru akan jauh lebih mudah ketimbang proses penyusunan dari awal.”

Semoga Allah melimpahkan balasan yang terbaik kepada penulisnya, pentashihnya, penerbit dan segala pihak yang turut membantu proses beramal jariyah ini.

Judul : Kamus Al Munawwir Arab Indonesia
Penyusun : A.W. Munawwir, tashih KH. Ali Ma’shum, KH. Zainal Abidin Munawwir
Penerbit : Pustaka Progresif
Format Buku : Hard Cover
Dimensi Buku : Ukuran 24,5 x 16 cm, 1.591 halaman, berat 2,1 kg