Buku Kajian Ramadhan (Al-Qowam)

Buku Kajian Ramadhan (Al-Qowam)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 42.000,00
Rp 33.600
You save: IDR 8.400,00! (20.00%)

Product Description

Buku Kajian Ramadhan

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, Penerbit Al-Qowam

Puasa Ramadhan merupakan salah satu bagian dari rukun Islam dan bangunannya yang agung. Kaum muslimin seluruhnya sepakat bulat bahwa mengerjakan puasa Ramadhan adalah kewajiban yang harus dilaksanakan dan ia menjadi bagian penting dari ajaran Islam. Maka siapa saja yang mengingkari kewajiban puasa ini berarti ia kafir, dan karena itu harus diminta bertaubat. Jika ia mau bertaubat dan kemudian mengakui wajibnya puasa bulan Ramadhan, maka ia bisa diterima sebagai seorang muslim yang berhak mendapat perlindungan. Akan tetapi jika ia tidak mau bertaubat, maka ia harus diperangi sebagai seorang yang kafir dan murtad dari Islam. Matinya tidak perlu dimandikan, tidak dikafani, tidak dishalatkan, tidak didoakan mendapat rahmat, dan tidak dikubur di pemakaman kaum muslimin, akan tetapi dibuatkan galian di tempat yang jauh dari pemukiman kaum muslimin lalu dikubur di sana agar baunya tidak mengganggu manusia lain dan agar keluarganya tidak merasa terganggu dengan menyaksikan makamnya.

Buku yang ada di hadapan pembaca mengulas seputar Ramadhan. Mulai dari keutamaan puasa, hukum puasa, hukum shalat tarawih, keutamaan membaca Al-Qur’an, adab menjalankan puasa, adab bersama Al-Qur’an, pembatal-pembatal puasa, tuntunan kewajiban zakat, orang-orang yang berhak menerima zakat, Keutamaan lailatul Qadar, keutamaan sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan, gambaran Surga dan gambaran Neraka beserta sebab-sebab yang mengantarkan kepadanya (masuk Surga atau masuk Neraka), bulan taubat, muhasabah Ramadhan, dan selainnya.

Nasehat Syaikh Ibnu Utsaimin di penghujung Ramadhan, “Saudara sekalian, akhirilah bulan Ramadhan ini dengan bertaubat kepada Allah dari bermaksiat terhadap-Nya, dan dengan kembali kepada-Nya dengan cara mengerjakan segala amalan yang diridhai oleh-Nya. Sebab, yang namanya manusia itu selalu saja tidak lepas dari tindak kesalahan dan kekurangan. Setiap anak keturunan Adam suka berbuat salah, namun sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah orang-orang yang bertaubat.” Allah Azza wa Jalla berfirman,

وَأَنِ ٱسْتَغْفِرُوا۟ رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوٓا۟ إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُم مَّتَٰعًا حَسَنًا إِلَىٰٓ أَجَلٍ مُّسَمًّى وَيُؤْتِ كُلَّ ذِى فَضْلٍ فَضْلَهُۥ ۖ وَإِن تَوَلَّوْا۟ فَإِنِّىٓ أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ كَبِيرٍ

“Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat.” (Surat Hud: 3)
Judul Buku : Kajian Ramadhan
Penulis : Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin
Penerbit : Al Qowam
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 550 halaman, ukuran buku 15 cm x 23 cm, berat 310 gram