Buku Juz Amma Tajwid Warna (Pustaka Nuun)

Buku Juz Amma Tajwid Warna (Pustaka Nuun)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 20.000,00
Rp 16.000
You save: IDR 4.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Juz Amma Tajwid Warna

Pustaka Nuun

Berangkat dari ayat “Warottilil Qur-aana tartiilaa …” Juz Amma ini hadir dengan konsep tajwid warna. Selain itu masih dilengkapi dengan terjemah, transliterasi, asbabun nuzul atau sebab turunnya ayat, pokok isi surat, asmaul husna, dan kaidah baca tajwid warna. Sebelum memasuki konten Juz Amma, penerbit mengutip ucapan Imam As-Suyuthi dalam kitab Al-Itqan terkait adab-adab membaca Al-Qur’an. Ada 10 hal, berikut di antaranya; disunnahkan membaca Al-Qur’an dengan tartil, disunnahkan membacanya penuh dengan perhatian dan pemikiran tentang ayat-ayat yang dibaca itu dan maksudnya, saat membaca Al-Qur’an hendaknya benar-benar diresapkan arti dan maksudnya, disunnahkan membaca Al-Qur’an dengan suara yang bagus dan merdu, ketika membaca Al-Qur’an jangan diputuskan, hanya karena ingin berbicara dengan orang lain.

Pada halaman 2 disebutkan cara membaca tajwid berwarna ini. Tampak adanya warna-warni pada setiap hukum tajwid. Ikhfa berwarna biru, Ikhfa Syafawi berwarna navy, Qalqalah berwarna merah Jambu, Iqlab berwarna violet, Ghunnah berwarna hijau botol, Idgham bighunnah berwarna hijau daun, idgham bilaghunnah dengan warna gray, dan Idgham Mimi berwarna orange.

Pada halaman 11, terdapat surat Al-Fil (105), surat Al-Humazah (104) dan surat Al-Ashr (103). Disebutkan pula pokok isi suratnya:

  1. Bercerita tentang pasukan bergajah yang diazab oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan mengirimkan sejenis burung yang menyerang mereka sampai binasa.
  2. Ancaman Allah terhadap orang-orang yang suka mencela orang lain, suka mengumpat, dan suka mengumpulkan harta tetapi tidak menafkahkannya di jalan Allah.
  3. Semua manusia berada dalam keadaan merugi apabila dia tidak mengisi waktunya dengan perbuatan-perbuatan baik.

Surat Al-Fil: 1-5

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ  أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ  تَرْمِيهِمْ بِحِجَارَةٍ مِنْ سِجِّيلٍ

فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَأْكُولٍ

“Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah? Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia? Dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong, yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat).”

Mari kita beralih kepada Asbabun Nuzul Surat At-Tin. Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu mengemukakan bahwa surah At-Tin ayat ke-5 mengandung arti ke tingkat pikun (seperti bayi lagi). Oleh karena itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang (kedudukan) orang yang telah pikun tersebut. Maka Allah menurunkan ayat ke-6 yang menegaskan bahwa mereka yang beriman dan beramal shalih sebelum pikun akan mendapat pahala yang tidak putus-putusnya.

Judul Buku : Juz Amma Tajwid Warna Juz Ke 30
Penerbit : Pustaka Nuun
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 52 halaman, ukuran buku 16 x 24 cm, berat buku packing +/- 150 gram