Buku Islamic Parenting (Insan Kamil)

Buku Islamic Parenting (Insan Kamil)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 99.000,00
Rp 79.200
You save: IDR 19.800,00! (20.00%)

Product Description

Buku Islamic Parenting Hadiah Cinta untuk Si Buah Hati

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, Penerbit Insan Kamil

Sungguh Allah Azza wa Jalla telah membagi hukum-hukum-Nya yang berlaku atas manusia sejak kelahiran mereka di dunia ini sampai berpindahnya menuju akhirat, padahal sebelumnya, ia berada dalam tiga kegelapan, semua hukum-hukum takdir berlaku atasnya dan berakhir untuknya. Namun, ketika lahir, ia terikat dengan hukum-hukum perintah Allah, sedangkan yang menjadi obyek hukum adalah orang tua atau orang yang mengambil peran kedua orang tua dalam merawat dan mendidiknya. Maka ada hukum-hukum Allah atas si anak yang wajib ditunaikan selama di anak berada dalam tanggungannya dan orang tua menjadi pihak yang dituntut menunaikan hukum-hukum itu atas siapa saja yang menjadi tanggungannya.

Hingga saat si anak mencapai usia taklif, ia mulai terikat dengan hukum-hukum syariat, pena catatan amal mulai mencatat amalnya, dihukumi dengan hukum muslim atau kafir. Si anak juga bersiap meraih kebahagiaan maupun kesengsaraan. Lembaran-lembaran hari dan malam akan ia jalani menuju tempat kembali yang telah Allah tentukan baginya. Ia juga akan dimudahkan dengan sebab-sebab dalam menempuh berbagai fase menuju tempat akhirnya, sekaligus beramal dengannya. Di akhir fase perjalanan, ia akan meraih tempat kembali yang telah disiapkan baginya sebelum ia memasukinya; baik tempat kembali yang penuh kesengsaraan maupun kebahagiaan. Di tempat itu, ia letakkan tongkat yang menemaninya dalam perjalanan, kemudian ia tinggal di situ dan tempat itulah tempat yang adil sebagai tempat kembali atau istirahat yang penuh kebahagiaan.

Buku ini dialihbahasakan dari kitab Tuhfatul Maudud bi Ahkamil Maulud. Satu kitab yang populer dari zaman penulis hingga zaman ini, buku ini memuat 17 bab penting: Anjuran meminta anak, makruh bersikap marah ketika Allah memberi anak perempuan, anjuran memberi kabar gembira tentang kelahiran anak dan memberinya selamat, anjuran mengumandangkan adzan dan iqamah di telinga bayi, anjuran mentahnik, hukum-hukum seputar akikah dan perbedaan pendapat seputar kewajibannya serta hujjah dari masing-masing pihak, memotong rambut dan bersedekah seberat rambut yang dipotong, hukum-hukum seputar pemberian nama bayi dan waktunya, hukum-hukum seputar khitan bayi, hukum melubangi telinga bayi laki-laki dan perempuan, hukum kencing bayi laki-laki dan perempuan yang belum makan makanan, hukum air liur bayi dan muntahan susunya; suci ataukah najis meski mulutnya banyak muntahannya, bolehnya menggendong bayi dalam shalat meski tidak diketahui keadaan bajunya, anjuran mencium anak, wajibnya mengajari adab dan mendidik anak serta bersikap adil di antara mereka, tema-tema yang bermanfaat seputar pendidikan anak, perkembangan anak sejak berupa air mani sampai ia masuk Surga dan Neraka.

Judul Buku : Islamic Parenting Hadiah Cinta untuk Si Buah Hati
Penulis : Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah
Penerbit : Insan Kamil
Format Buku : Hard Cover
Dimensi Buku : tebal buku 326 halaman, dimensi 17,5 cm x 24,5 cm, berat 695 gram