Buku Ilmu Tajwid Lengkap (BISA)

Buku Ilmu Tajwid Lengkap (BISA)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 50.000,00
Rp 40.000
You save: IDR 10.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Ilmu Tajwid Lengkap (Cetakan ketiga)

Andri Yanto Syamsudin, Lc, Penerbit BISA

Ilmu Tajwid adalah ilmu yang mempelajari cara membaca Alquran dengan baik dan benar dengan memberikan haq dan mustahaq masing-masing huruf. Buku yang ada di hadapan pembaca merupakan panduan ilmu Tajwid lengkap di masanya. Di dalamnya Anda akan mempelajari dasar-dasar ilmu Tajwid (ilmu Tajwid dasar) hingga ujungnya. Artinya, Anda akan sangat mudah menemukan ilmu Tajwid lengkap dan contohnya di sini!

Ilmu Tajwid adalah ilmu yang sangat penting karena berhubungan dengan kalamullah yang mulia. Tahukah Anda bahwa mempelajari ilmu Tajwid hukumnya adalah farhu kifayah yang artinya apabila sebagian kaum muslimin mempelajarinya maka gugurlah kewajiban dari sebagian kaum muslimin yang lain. Adapun membaca Alquran dengan Tajwid maka hukumnya fardhu ‘ain yakni wajib bagi setiap muslim, khususnya saat ia membaca Alquran dengan memperhatikan hukum-hukum Tajwid dan kaidah bacaan yang benar. Hal ini selaras dengan firman Allah Azza wa Jalla,

وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلًا

“Dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan.” (Surat Al-Muzammil: 4)

Di antara cakupan pembahasan ilmu Tajwid adalah hukum nun sukun dan tanwin, hukum mim sukun, mkaharijul huruf, shifat huruf, mad, tafkhim-tarqiq, dan lain sebagainya. 

Tingkatan Bacaan Alquran

Para ulama membaginya menjadi tiga tingkatan: Pertama, Tahqiq yakni membaca Alquran dengan pelan serta menjaga kaidah hukum Tajwid. Tingkatan ini biasa digunakan dalam proses belajar Alquran. Kedua, Tadwir yakni membaca Alquran dengan tempo sedang, tidak terlalu pelan dan tidak terlalu cepat serta menjaga kaidah hukum Tajwid. Ketiga, Hadr yakni membaca Alquran dengan cepat namun tetap menjaga kaidah hukum Tajwid. Tingkatan ini biasa digunakan saat mengulang hafalan atau muraja’ah. 

Hukum Isti’adzah dari sisi Jahr dan Sir

Kapan disunnahkan Jahr (dibaca keras): Membaca Alquran dengan suara yang keras dan ada orang yang mendengarkannya. Kedua, membaca Alquran secara bergantian dan dia adalah orang yang pertama kali memulainya. 

Kapan dibaca Sir (dibaca pelan): Membaca Alquran secara sir ataupun jahr namun tidak ada yang mendengarkannya. Kedua, ketika shalat sebelum membaca Al-Fatihah. Ketiga, membaca Alquran secara bergantian dan dia bukan orang yang pertama.  

Judul Buku : Ilmu Tajwid Lengkap Cetakan ketiga
Penulis : Andri Yanto Syamsudin, Lc
Penerbit : BISA
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 175 halaman, ukuran buku 15 x 21 cm, berat buku packing 400 gram