Buku Ilmu Shorof Super Lengkap (al-Fatih Press)

Buku Ilmu Shorof Super Lengkap (al-Fatih Press)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 30.000,00
Rp 24.000
You save: IDR 6.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Ilmu Shorof Super Lengkap

Mansur, al-Fatih Press

Bahasa apakah yang paling banyak mempunyai arti? Bahasa Arab tentunya. Bagaimana caranya? Dengan belajar Nahwu dan Shorof secara rutin. Jadi, dengan menguasai ilmu shorof atau tashrif hanya satu kata, bisa menjadi ratusan kata. Dan semua cara itu sudah dikemas pada buku ini. Buku yang disajikan secara sistematis (disusun dari yang paling mudah dipahami), praktis (sering terpakai dan ditambahkan kosakata yang berkaitan), dan dengan metode yang menyenangkan.

Buku ini hadir sebagai referensi baru bagi penuntut ilmu. Selain memaparkan metode menguasai shorof yang mudah, penulis sisipkan nasehat untuk pelajar dan keutamaan bahasa Arab. Tak lupa penulis sertakan daftar isi di halaman muka untuk mudahkan pencarian, Dan beliau awali dengan pembahasan Binak, Binak adalah bentuk kata ditinjau dari komponen huruf dan tata letaknya. Binak ada tujuh, dan seterusnya. Lalu penulis membahas sedikit tentang apa itu ilmu sharaf (hal 5). Dilanjutkan dengan macam-macam sighot. Disebutkan pula sighot tambahan (sighot isim tafdhil, sighot isim tasghir, shighot shifat musyabahat, & sighot mubalaghah).

Pada halaman 50-52, penulis tampilkan ringkasan wazan tashrif yang terdiri dari 6 wazan tashrif. Menyusul setelahnya, terdapat ringkasan-ringkasan mauzun. Pada halaman 60, penulis mulai dengan membahas tashrif istilahi (Bab Tsulatsi Mujarrod, bab Tsulatsi Mazid) dan di akhir pembahasan diuraikan tentang makna dasar tashrif lughawi.

Bahasa Arab yang Hilang?

Sungguh ironis, sekolah-sekolah di negeri ini, kondisi real yang ada ialah mapel (mata pelajaran) bahasa Arab tersisihkan oleh mapel bahasa-bahasa lain, padahal mayoritas penduduknya adalah beragama Islam, sehingga kaum muslimin di negeri ini kebanyakannya jauh dari agama. Mengapa bisa demikian? Bahasa Arab adalah bahasa agama Islam dan bahasa al-Qur’an, seseorang tidak akan dapat memahami kitab dan sunnah dengan pemahaman yang benar dan selamat (dari penyelewengan) kecuali dengan bahasa Arab. Menyepelekan dan menggampangkan bahasa Arab akan mengakibatkan lemah dalam memahami agama serta jahil terhadap permasalahan agama. Belajar bahasa Arab sangat penting dan urgen, darinya kita dapat menimba faidah yang begitu mendalam. Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman,

وَلَقَدْ ضَرَبْنَا لِلنَّاسِ فِي هَذَا الْقُرْآنِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ . قُرْآنًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِي عِوَجٍ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam al-Qur’an ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran. (ialah) al-Qur’an dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (Surat az-Zumar: 27-28)

Sudahkah Anda mempelajari bahasa Arab hari ini? Bahasa Arab, memang tidak ada habisnya (jika dipelajari)!

Judul Buku : Ilmu Shorof Super Lengkap
Penulis : Mansur
Penerbit : Alfatih Press
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : Tebal buku 164 halaman, ukuran buku 15,5 cm x 21 cm, berat buku 400 gram