Buku Ilmu Nahwu untuk Pemula (Bisa Learning Centre)

Buku Ilmu Nahwu untuk Pemula (Bisa Learning Centre)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 100.000,00
Rp 85.000
You save: IDR 15.000,00! (15.00%)

Product Description

Buku Ilmu Nahwu untuk Pemula

Abu Razin dan Ummu Razin, penerbit Bisa  Learning Centre

Pernahkah Anda berpikir mengapa ada beberapa kata yang sama dalam Al-Qur’an tetapi mempunyai harakat akhir yang berbeda. Kadang berharakat dhammah, fathah atau kasrah meskipun untuk kata yang sama. Contohnya lafal Allah pada ayat-ayat berikut ini:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ

 إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Perubahan harakat di atas tidaklah sembarangan. Terdapat kaidah yang mengatur perubahan harakat akhir kalimat tersebut. Kesalahan dalam pemberian harakat bisa mengubah pelaku jadi korban dan sebaliknya. Sebagai contoh:

 ضَرَبَ زَيْدٌ عَمْرًا 

menjadi dharaba ‘Amrun Zaidan

Oleh karena itu, mempelajari kaidah seputar perubahan harakat akhir ini begitu penting. 

Kaidah ini dibahas dalam ilmu Nahwu. Karena, memang ilmu Nahwu adalah salah satu cabang dari ilmu bahasa Arab yang membahas tentang bagaimana menyusun kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa Arab, baik yang berkaitan dengan letak kata dalam suatu kalimat atau kondisi kata (harakat akhir dan bentuk) dalam suatu kalimat. 

Selain ilmu Nahwu, ilmu penting yang wajib dipelajari untuk pemula adalah ilmu Sharaf. Kedua cabang ilmu ini wajib dipelajari oleh para pemula. Karena dengan kedua ilmu ini, kita dapat mengetahui dan memahami bagaimana cara membuat kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa Arab resmi. Adapun bila kita ingin membuat kalimat bahasa Arab yang indah, baik dari sisi susunan, pemilihan kata, dan maknanya, atau tinggi nilai sastranya, maka kita perlu mempelajari cabang bahasa Arab seperti ilmu Balaghah (keindahan bahasa), ilmu Ma’ani (memahami teks sesuai konteks), dan ilmu ‘Arudh (syair bahasa Arab).

Mengenal Unsur Penyusunan Kalimat

Kalimat merupakan susunan dari beberapa kata yang memiliki makna. Dalam bahasa Indonesia banyak digunakan definisi kata, seperti kata kerja, kata benda, kata sifat, kata sambung, kata hubung, kata tanya, dan lain sebagainya. Begitupun dengan bahasa Arab, memiliki banyak istilah kata yang kurang lebih sama dengan bahasa Indonesia. Hanya saja, dalam bahasa Arab, seluruh kata yang ada bisa dikelompokkan menjadi 3 kelompok besar: fi’il, isim, dan huruf. 

Judul Buku : Ilmu Nahwu untuk Pemula
Penulis : Abu Razin & Ummu Razin
Penerbit : BISA
Format Buku : Hardcover
Dimensi Buku : tebal buku 348 halaman, dimensi 16 cm x 25 cm, berat 800 gram