Buku Hilyah Thalibil Ilmi (Al-Qowam)

Buku Hilyah Thalibil Ilmi (Al-Qowam)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 30.000,00
Rp 24.000
You save: IDR 6.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Hilyah Thalibil Ilmi (Perhiasan Penuntut Ilmu)

Syaikh Bakr bin Abdullah Zaid, Penerbit Al-Qowam

Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim dan di sana terdapat perhiasan yakni adab-adab yang mulia. Buku yang tergolong ringan ini memaparkan sejumlah bab-bab yang runtut dan mudah dipahami bagi thalibul ilmi pemula. Pada pasal pertama, Anda disuguhi belasan bab adab-adab seorang pelajar. Yang mana penulis mengingatkan di awal risalah bahwa ilmu adalah ibadah.

Lanjut ke pasal berikutnya, seolah kita ingin terus mereguknya … itulah ilmu. Sebagaimana maklum kita ketahui tentang dua macam manusia yang tak pernah kenyang. Siapakah mereka? Mereka adalah para penuntut ilmu yang tidak pernah kenyang dengan ilmu yang tengah mereka kejar dan seorang pencari dunia yang tidak pernah jemu mengumpulkan harta. Pasal ini berbicara mengenai metode belajar berikut tahapan-tahapannya.

Penting juga untuk diketahui, adab seorang murid kepada gurunya. Sungguh, kita sesalkan dewasa ini didapati ada seorang murid yang berani memukul gurunya, sebagaimana dilansir sosial media yang menyajikan hal terupdate di seluruh dunia … Selain adab kepada guru, penulis menyisipkan sebuah pasal berupa adab kepada sahabat dan celakanya sahabat yang buruk. Permisalan keduanya seperti penjual parfum dan seorang pandai besi.

Hari demi hari menuntut ilmu, tentunya mengalami halang rintang yang tak biasa. Dan yang bisa merasakannya hanyalah para santri sejati. Pada pasal kelima terdapat poin penting dan termasuk inti bahasan utama yaitu adab dalam kehidupan ilmiah. Di mana penulis menyajikan hal-ihwal seputar aktivitas bersama ilmu hingga mendapatkannya.

Tentu, kita tidak ingin mendapat gelar sebagai orang-orang yang dimurkai dan orang-orang yang sesat jalannya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

صِرَٰطَ ٱلَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ ٱلْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا ٱلضَّآلِّينَ

“(Yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.” (Surat Al-Fatihah: 7)

Mereka adalah Yahudi yang mempunyai ilmu, tapi enggan beramal dan mereka adalah Nashrani yang gemar beramal, akan tetapi miskin ilmu. Oleh karena itu dalam bab ini, penulis menyajikan Menghias Diri dengan Amal.

Di akhir perjalanan … terdapat beragam larangan yang semestinya dihafal oleh para penuntut ilmu, agar ilmu mereka barakah fi dunya wal akhirah; Mereka tidak tampil sebelum waktunya, tidak suka pamer ilmu, mudah menjauh dari syubhat, tidak tergesa-gesa dalam menulis, dan lain sebagainya.

Judul Buku : Hilyah Thalibil Ilmi
Penulis : Bakr Bin Abdullah Abu Zaid
Penerbit : Al Qowam
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : ukuran 14 cm x 21 cm, berat 300 Gram, tebal 134 halaman