Buku Hikmah Kisah Dalam Al-Qur’an (Darussunnah)

Buku Hikmah Kisah Dalam Al-Qur’an (Darussunnah)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 320.000,00
Rp 256.000
You save: IDR 64.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Hikmah Kisah Dalam Al-Qur’an

Buku Hikmah Kisah Dalam Al-Qur’an-Kisah-kisah non fiktif yang diabadikan dalam al-Qur’an memberi kesan yang mendalam bagi para pembacanya. Sebut saja kisah sapi betina dan bani Isra’il, kisah Malaikat Harut dan Marut, kisah keluarga Imran, kisah pecahnya perang Ahzab, kisah para Nabi, dan lain sebagainya, memenuhi lembar demi lembar kitab suci kita. Yang demikian mengandung hikmah yang agung. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِأُولِي الْأَلْبَابِ ۗ مَا كَانَ حَدِيثًا يُفْتَرَىٰ وَلَٰكِنْ تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيلَ كُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

“Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka (para Nabi dan umat mereka) itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal (sehat). al-Qur’an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, serta sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (Surat Yusuf: 111)

Allah Azza wa Jalla berfirman :

وَكُلًّا نَقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ أَنْبَاءِ الرُّسُلِ مَا نُثَبِّتُ بِهِ فُؤَادَكَ ۚ وَجَاءَكَ فِي هَٰذِهِ الْحَقُّ وَمَوْعِظَةٌ وَذِكْرَىٰ لِلْمُؤْمِنِينَ

“Dan semua kisah para rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman.” (Surat Hud: 120)

Ungkapan A’immah Salaf

Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata, “Orang yang berbahagia (beruntung) adalah orang yang mengambil nasehat (pelajaran) dari (peristiwa yang dialami) orang lain.”

‘Ali bin Husain Zainul ‘Abidin rahimahullah berkata, “Dulu kami diajarkan tentang (sejarah) peperangan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagaimana al-Qur’an diajarkan kepada kami.”

Imam Abu Hanifah rahimahullah berkata, “Kisah-kisah (keteladanan) para Ulama dan duduk di majelis mereka lebih aku sukai dari pada kebanyakan (masalah-masalah) fikih, karena kisah-kisah tersebut (berisi) adab dan tingkah laku mereka (untuk diteladani).” (Disarikan dari majalah As-Sunnah Edisi 07/Tahun XV/1433H)

Kisah Sapi Emas

Tersebutlah di kalangan Bani Israil seorang kaya raya. Dia mempunyai saudara sepupu yang fakir. Tidak ada ahli waris selain dirinya. Ketika orang kaya tersebut tidak lekas mati, maka saudara sepupu ini membunuhnya agar dia dapat mewarisi hartanya. Lalu dia membawa mayat saudaranya ke desa lain lalu melemparkan di pelataran desa. Kemudian dia berlagak hendak menuntut balas. Dia bersama orang-orang mendatangi Nabi Musa ‘alaihissalam lalu mereka memohon kepada Nabi Musa ‘alaihissalam agar berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala supaya diberi keterangan mengenai pembunuh orang tersebut. Kemudian Nabi Musa ‘alaihissalam memerintahkan mereka agar menyembelih sapi dengan berkata kepada mereka:

“Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyembelih seekor sapi betina.” Mereka berkata: “Apakah kamu hendak menjadikan kami buah ejekan?” (Surat al-Baqarah: 67). Maksudnya, apakah engkau mengejek kami, padahal kami bertanya kepadamu mengenai orang yang terbunuh, dan engkau justru memerintahkan kami agar menyembelih sapi. (kisahmuslim/3084)

Bagaimana endingnya? Simak pula kisah-kisah menarik lainnya, hanya di sini!

Buku cetak edisi hardcover, Buku terdiri dari 2 jilid, Ukuran buku 24.5 x 16 cm, dan dengan berat total 2 jilid 2800 gram.

Penulis: Dr. Abdul Karim Zaidan

Penerbit: Darus Sunnah