Buku Hafalan Buyar Tanda Tak Pintar (Pustaka Arafah)

Buku Hafalan Buyar Tanda Tak Pintar (Pustaka Arafah)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 33.000,00
Rp 27.000
You save: IDR 6.000,00! (18.18%)

Product Description

Buku Hafalan Buyar Tanda Tak Pintar

Ibnul Jauzi, Pustaka Arafah

Apabila kita melihat dengan seksama potret para generasi terdahulu dari kalangan salaf ash-Shalih. Mereka mengorbankan waktu ataupun jiwa demi menghafalkan ilmu sehingga ketika ditanya tentang sesuatu mereka langsung bisa menjawab tanpa ragu. Mereka hafal ribuan hadits, syair, buku juga al-Qur’an. Itulah ilmu. Ilmu yang ada di dalam dada mereka, bukan ilmu yang ada dalam catatan mereka. Oleh karena itulah, mereka pantas disebut ulama, pewaris para Nabi.

Lain halnya dengan kita sekarang. Ketika ditanya tentang sesuatu, kita hanya bisa menjawab dengan penuh keraguan, atau terkadang kita hanya berkata, “Sebentar, aku buka catatan dulu.” “Sebentar aku lihat laptop dulu.” Kita banyak berbicara tapi harus memegang buku. Memang kita terkadang sudah merasa puas dengan ilmu yang ada dalam buku dan catatan kita. Namun itu semua, ternyata belum menjadikan kita disebut sebagai orang yang terpercaya lebih-lebih ulama.

Buku ini hadir untuk membangkitkan semangat Anda … untuk kembali menghafal semua ilmu. Membangkitkan cita-cita tinggi yang dimiliki seorang muslim untuk menguasai dunia. Dengan adanya kisah-kisah para penghafal yang mengagumkan di dalam buku ini, kita akan terdetak kagum dengan kehebatan mereka. Sehingga kita akan semakin termotivasi untuk bisa menjadi seperti mereka, minimal berusaha seperti mereka, menghafal setiap ilmu yang ada di dalam dada kita, kita tidak akan mudah terperdaya.

Buku ini ditulis oleh Imam Ibnul Jauzi yang bernama lengkap Abul Faraj Abdurrahman bin Ali bin Muhammad bin Ja’far al-Jauzi rahimahullah. Nasabnya berujung kepada Abu Bakar ash-Shidiq radhiyallahu ‘anhu. Beliau dilahirkan dari keluarga pedagang, oleh karenanya beliau termasuk saudagar kaya. Dan termasuk yang berperan dalam pendidikan beliau adalah bibinya. Beliaulah yang mengantarkannya untuk menimba ilmu kepada Syaikh Abul Fadhl Muhammad bin Nashir (ahli hadits, ahli fiqih, dan ahli bahasa).

Pujian Para Ulama

Imadudun al-Ashbahani berkata, “Di adalah seorang penasihat yang mampu menyampaikan kata-kata yang indah, mampu memberikan informasi dengan jelas, mampu menggunakan kata-kata yang pas, lemah lembut dalam nasihatnya dan mudah diterima hati, bagus perangainya, dapat menggabungkan kelembutan dan kecerdikan secara sempurna.”

Keajaiban Menghafal

Apakah Anda mengenal Husyaim bin Busyair al-Wasithi? Dia belajar hadits dari az-Zuhri dan ulama lainnya. Dia termasuk ulama hafizh yang terpercaya. Ibrahim al-Harabi berkata, “Penghafal hadits itu ada empat orang, di antara mereka adalah Husyaim. Husyaim pernah berkata, “Aku menghafal seratus hadits di dalam sebuah majelis. Jika aku ditanya tentang hadits-hadits itu aku mampu menjawabnya.”

Tersebutlah Ya’qub bin Ibrahim (Abu Yusuf al-Qadhi), dia dikenal sebagai penghafal hadits. Dia hadir di majelis ahli hadits, menghafalkan lima puluh sampai enam puluh hadits, lalu berdiri dan mendiktekan hadits itu kepada orang banyak.

Judul Buku : Hafalan Buyar Tanda Tak Pintar
Penulis : Ibnul Jauzi
Penerbit : Pustaka Arafah
Format Buku : Softcover
Dimensi buku : Tebal buku 158 halaman, ukuran buku 14 x 20.5 cm