Buku Hafal al-Qur’an Tanpa Nyantri Cara Inovatif Menghafal al-Qur’an (Pustaka Arafah)

Buku Hafal al-Qur’an Tanpa Nyantri Cara Inovatif Menghafal al-Qur’an (Pustaka Arafah)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 30.000,00
Rp 25.000
You save: IDR 5.000,00! (16.67%)

Product Description

Buku Hafal al-Qur’an Tanpa Nyantri Cara Inovatif Menghafal al-Qur’an

Abdud Daim al-Kahil, Pustaka Arafah

Memang selama ini yang kita kenal bahwa menghafal itu dapat dilakukan hanya di pondok pesantren atau kelas belajar (semisal Rumah Qur’an), karena kurikulumnya yang mendukung. Tapi, dewasa ini banyak ditemukan metode-metode baru dalam menghafal, di antaranya karya tulis yang satu ini.

Dengan corak bahasa yang ringan, penulis menyajikan tema yang runtut, seolah ingin direguk dan reguk lagi … saking bagusnya dan menarik untuk dihabiskan (sekali baca). Selain menyajikan metode praktis, penulis sertakan kisah-kisah penggugah semangat dalam  menghafal al-Qur’an. Dan beliau pungkasi dengan doa-doa penguat hafalan.

Hal-Hal yang Membantu Memudahkan Proses Hafalan

Ada satu hal yang sangat penting dan membantu kita dalam menghafal al-Qur’an. Namun, hal itu banyak dilalaikan oleh sebagian besar manusia. Hal itu adalah melihat ayat-ayat al-Qur’an langsung dari mushaf. Karena mushaf al-Qur’an adalah benda paling berharga dalam kehidupan ini. Mungkin kalian bisa bertanya kepada diri kalian sendiri, apakah kalian siap meninggalkan pekerjaan demi menghafalkan al-Qur’an? Apakah kalian siap meninggalkan teman-teman dan orang yang kalian cintai demi menghafal al-Qur’an? Apakah kalian juga siap memberikan waktu yang paling berharga untuk menghafalkan al-Qur’an? (Simak pada hal. 113-114)

Keutamaan Menghafal al-Qur’an

Banyak hadits menyebutkan perihal ini, untuk menambah faidah … tidak ada salahnya kita muraja’ah kembali. Pertama, menghafal Qur’an adalah ibadah yang mulia, sebab membacanya mendatangkan pahala. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari al-Qur’an, maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan dilipatgandakan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. at-Tirmidzi)

Kedua, para penghafal Qur’an lebih layak untuk menjadi imam shalat Rawatib (shalat 5 waktu), dengan sebab hafalan yang telah ia miliki. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hendaknya yang mengimami sebuah kaum adalah yang paling aqra’ terhadap kitabullah.”

Faidah Menghafal Quotes

  • Al-Qur’an yang kalian hafalkan akan menjadi teman dalam menghadapi kematian dan menjadi pembela serta syafaat pada hari Kiamat.
  • Penghafal Qur’an akan memiliki ucapan yang berbobot karena pengaruh keindahan bahasa al-Qur’an. Tingkah lakunya mencerminkan apa yang telah dia hafalkan.
  • (Tentang Tingkatan Ilmu) … yang paling pertama adalah menghafal al-Qur’an, karena dia adalah ilmu yang terpenting, bahkan para salaf tidak mengajarkan al-Hadits dan Fikih kecuali bagi siapa saja yang telah hafal al-Qur’an.

Judul Buku : Hafal al-Qur’an Tanpa Nyantri
Penulis : Abdud Daim Al-Kahil
Penerbit : Pustaka Arafah
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : Tebal buku 160 halaman, ukuran buku 14 x 20.5 cm, berat buku 350 gram