Buku Fiqih Sunnah Wanita (Griya Ilmu)

Buku Fiqih Sunnah Wanita (Griya Ilmu)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 145.000,00
Rp 120.000
You save: IDR 25.000,00! (17.24%)

Product Description

Buku Fiqih Sunnah Wanita

Abu Malik Kamal bin as-Sayyid Salim, Penerbit Griya Ilmu

Dua belas bab fikih populer disajikan secara apik oleh penulis dengan metode yang paling mudah untuk dipahami bahkan dikatakan oleh salah seorang ulama, “Kesimpulannya, beliau menyusun buku ini dengan sangat profesional.” Buku ini disajikan tidak terlalu panjang hingga menjemukan dan tidak pula terlalu ringkas hingga melewatkan faedah-faedah yang  berharga. Di antara keutamaan buku ini ialah, penyusun berusaha menampilkan dalil-dalil yang shahih ke tengah-tengah umat.

Apakah Di dalam Buku Ini Tidak Ada Silang Pendapat?

Fikih memang kerap terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama, tak terkecuali buku ini. Penyusun menambahkan keterangan, “Terkadang kami menyebutkan perbedaan pendapat yang terjadi, dengan tujuan yang dipahami para pelajar yang mampu lagi cerdas. Maksud lain, kami ingin para wanita mengetahui bahwa di dalam masalah tertentu ada pendapat lain setelah pendapat yang kami anggap kuat, atau ketika pendapat yang lemah merupakan pendapat yang terkenal di kalangan awam. Hal ini kami utarakan supaya wanita muslimah -yang tidak memiliki kapasitas ilmu yang cukup- tidak terburu-buru menyalahkan pendapat yang sebenarnya lebih kuat. Dan banyak lagi tujuan lainnya.”

Para Sahabiyah Tidak Malu Belajar dan Mengajarkan Fikih

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya oleh Ummu Sulaim radhiyallahu ‘anha,

يا رسولَ اللهِ ، إنَّ اللهَ لا يَستَحِي منَ الحقِّ ، فهل على المرأةِ غُسلٌ إذا احتَلَمَتْ ؟ فقال : ( نعمْ ، إذا رأتِ الماءَ

“Wahai Rasulullah, sesungguhnya Allah itu tidak merasa malu dari kebenaran. Apakah wajib mandi bagi wanita jika ia mimpi basah? Rasulullah bersabda: “Iya, jika ia melihat air (mani).‘” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Ummul Mukminin ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha pernah ditanya oleh Abu Musa al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu,

يا أماه ! ( أو يا أم المؤمنين ! ) إن أرد أن أسألك عن شيء . وإن أستحييك . فقالت : لا تستحي أن تسألني عما كنت سائلا عنه أمك التي ولدتك . فإنما أنا أمك . قلت : فما يوجب الغسل ؟ قالت : على الخبير سقطت . قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ” إذا جلس بين شعبها الأربع ، ومس الختان الختان ، فقد وجب الغسل “

“Wahai Ibu (ibunya kaum mukminin), aku ingin bertanya kepadamu tentang sesuatu, tapi aku malu.” ‘Aisyah lalu menimpali, “Jangan engkau malu bertanya, jika engkau bertanya kepada ibu yang melahirkanmu dan sesungguhnya aku ini ibumu juga.” Abu Musa lalu bertanya: “Bagaimana batasan jima’ yang mewajibkan mandi?” ‘Aisyah menjawab,  “Engkau bertanya kepada orang yang tepat, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Jika seseorang lelaki duduk di antara empat anggota badan istrinya, lalu dua kemaluan saling bertemu, maka ia wajib mandi.‘” (HR. Muslim)

Judul Buku : Fiqih Sunnah Wanita
Penulis : Abu Malik Kamal bin as-Sayyid Salim
Penerbit : Griya Ilmu
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : Ukuran 16 x 24,5 cm, Isi 672 halaman, Berat 1,3 kg