Buku Fikih Praktis Madzhab Syafi’i / Matan Abu Syuja’ (Pustaka Arafah)

Buku Fikih Praktis Madzhab Syafi’i / Matan Abu Syuja’ (Pustaka Arafah)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 35.000,00
Rp 28.000
You save: IDR 7.000,00! (20.00%)

Product Description

Buku Fikih Praktis Madzhab Syafi’i (Matan Abu Syuja’)

Abu Syuja’ Al-Ashfahani, Pustaka Arafah

Buku ini sudah kadung familiar di kalangan alumni pesantren, baik di dalam maupun luar negeri. Sebuah buku ternama yang disusun oleh seorang Qadhi yang bernama lengkap Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani rahimahullah. Beliau adalah pemuka dan ahlinya ahli dari madzhab Syafi’i. Buku ini adalah kitab fikih yang ringkas dan padat di bidangnya. Sehingga memunculkan syarah sepeninggal beliau, sebut saja Fathul Qarib karya Syaikh Ibnul Qasim Al-Ghazi, Kifayatul Akhyar karya Syaikh Taqiyyuddin Abu Bakar Al-Hisni, Al-Iqna’ karya Al-Khatib Asy-Syirbini, dan lain sebagainya.

Buku ini berisi enam belas pasal penting, yakni: kitab thaharah, kitab shalat, kitab zakat, kitab puasa, kitab haji, kitab jual beli dan muamalat lainnya, kitab faraidh dan wasiat, kitab nikah, kitab jinayat, kitab hudud, kitab jihad, kitab perburuan dan penyembelihan, kitab perlombaan dan memanah, kitab sumpah dan nadzar, kitab pengadilan dan persaksian. Kemudian di akhiri dengan pasal kitab pembebasan budak. Penulis berkata dalam kata pengantar buku ini:

“Beberapa orang teman -hafizahumullah- memintaku untuk mengerjakan sebuah kitab ringkas tentang fikih madzhab Imam Syafi’i -semoga rahmat dan keridhaan Allah Ta’ala terlimpahkan kepadanya- yang benar-benar ringkas dan pendek sehingga mempermudah bagi pelajar dalam mempelajari dan menghafalnya. Mereka juga memintaku untuk memperbanyak bagian-bagiannya dan membatasi permasalahannya. Maka dari itu, saya menyambutnya seraya mengharapkan pahala dan taufik Allah Ta’ala menuju kebenaran. Sesungguhnya Dia Maha Mampu melakukan apa yang diinginkan-Nya, Maha Lemah Lembut kepada para hamba-Nya dan Maha Mengetahui.”

Penyamakan Kulit Bangkai

Penulis berkata, “Kulit bangkai binatang bisa menjadi suci dengan disamak, kecuali kulit anjing dan babi serta benda-benda yang bersumber dari keduanya atau salah satu dari keduanya. Tulang dan bulu bangkai adalah najis kecuali mayat manusia.”

Orang-Orang yang Berhak Menerima Zakat

Penulis berkata, “Zakat diberikan kepada delapan golongan yang disebutkan oleh Allah Ta’ala dalam kitab-Nya yang mulia, yaitu dalam firman-nya,

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ ۖ فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

“Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (Surat At-Taubah: 60)

Zakat diberikan juga kepada orang-orang yang termasuk dalam delapan golongan di atas. Zakat tidak boleh diberikan kepada kurang dari tiga orang dari setiap golongan, kecuali kepada ‘amil (pengurus zakat).

Judul Buku : Fikih Praktis Madzhab Syafii Matan Abu Syuja
Penulis : Abu Syuja’ Al-Ashfahani
Penerbit : Pustaka Arafah
Format Buku : Softcover
Dimensi Buku : tebal buku 352 halaman, ukuran buku 10.5 x 14.5 cm, berat buku packing +/- 300 gram