Buku Dasar-Dasar Ilmu Hadits (Ummul Qura)

Buku Dasar-Dasar Ilmu Hadits (Ummul Qura)

Beli Produk Ini

Old Price: IDR 99.000,00
Rp 79.200
You save: IDR 19.800,00! (20.00%)

Product Description

Buku Dasar-Dasar Ilmu Hadits

Dr. Muhammad Ath-Thahhan, Penerbit Ummul Qura

Buku ini adalah salah satu karya penting untuk dijadikan pegangan dalam menyelami sunnah nabawiyah. Keberadaannya sudah cukup dikenal di berbagai pesantren dan perguruan tinggi Islam sebagai pegangan dalam kajian pengantar ilmu hadits. Penulisnya adalah seorang akademisi yang berasal dari Timur Tengah dan pernah mengajar di Indonesia.

Adalah suatu buku yang membahas seputar asas-asas penting pengetahuan ilmu-ilmu hadits, kedudukannya, pengertiannya, pembukuan hadits-hadits Nabi, perkembangannya, dan persoalan yang berkaitan dengannya. Topik pembahasannya seperti ilmu rawi atau rijal, sanad, jarh wa ta’dil, gharibul hadits, ilal hadits, mukhtalaf hadits, musthalah hadits yang meliputi istilah-istilah dalam hadits, penerimaan hadits, ilmu takhrij, dan segala yang berkaitan dengannya.

Buku ini membantu kita dalam mengenal dan memahami suatu hadits itu sampai dengan kedudukan tertentu seperti shahih, hasan, dhaif atau maudhu. Boleh digunakan sebagai hujjah atau sebaliknya. Tidak setiap apa yang disandarkan kepada Nabi itu terus boleh diterima pakai tanpa sembarang penelitian.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai penjelas Al-Qur’an, sebagaimana firman-Nya,

...وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الذِّكْرَ لِتُبَيِّنَ لِلنَّاسِ مَا نُزِّلَ إِلَيْهِمْ وَلَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ

“...Dan Kami turunkan kepadamu Al-Qur’an, agar kamu menerangkan pada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka memikirkan.” (Surat An-Nahl: 44)

Nabi Muhammad sebagai penjelas Al-Qur’an dengan tutur katanya, perilakunya, serta ketetapan-ketetapannya dengan cara yang jelas dan terang. Dan semoga Allah jadikan para penjaga hadits dengan keutamaan yang besar, 

نَضَّرَ اللهُ امْرَءاً سَمِعَ مِنَّا حَدِيْثاً فَحَفِظَهُ – وفي لفظٍ: فَوَعَاها وَحَفِظَها – حَتَّى يُبَلِّغَهُ، فَرُبَّ حامِلِ فِقْهٍ إلَى مَنْ هُوَ أَفْقَهُ مِنْهُ، وَرُبَّ حامِلِ فِقْهٍ لَيْسَ بِفَقِيْهٍ

“Semoga Allah mencerahkan (mengelokkan rupa) orang yang mendengar hadits dariku, lalu dia menghafalnya – dalam lafazh riwayat lain: lalu dia memahami dan menghafalnya –, hingga (kemudian) dia menyampaikannya (kepada orang lain), terkadang orang yang membawa ilmu agama menyampaikannya kepada orang yang lebih paham darinya, dan terkadang orang yang membawa ilmu agama tidak memahaminya.” 

Dan ancaman menanti bagi mereka yang sengaja memalsukan hadits dengan kepentingan tertentu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ كَذِبًا عَلَىَّ لَيْسَ كَكَذِبٍ عَلَى أَحَدٍ ، مَنْ كَذَبَ عَلَىَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ

“Sesungguhnya berdusta atas namaku tidaklah sama dengan berdusta pada selainku. Barangsiapa yang berdusta atas namaku secara sengaja, maka hendaklah dia menempati tempat duduknya di Neraka.”

Judul Buku : Dasar - Dasar Ilmu Hadits (Taisir Musthalah Al-Hadits)
Penulis : Dr. Mahmud Ath-Thahhan
Penerbit : Ummul Qura
Format Buku : Hardcover
Dimensi Buku : tebal buku 280 halaman, ukuran buku 17,5 cm x 24,5 cm, berat 650 gram